Pengembangan E-LKPD Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.14970Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan produk E-LKPD Liveworksheet yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Peneliian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research an Development) dengan menggunakan model ADDIE. Partisipan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI-3 MAN 1 Majalengka tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Produk E-LKPD Liveworksheet yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan rata-rata keselurhan validasi media dan materi yaitu dan masuk kedalam kriteria layak. 2) Produk E-LKPD Liveworksheet yang telah dikembangkan efektif digunakan dengan perolehan uji paired sample t test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) . 3) Produk E-LKPD Liveworksheet yang telah dikembangkan praktis digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil perhitungan angket kepraktisan dengan peroleh rata-rata persentase total dengan nilai dan termasuk kedap kategori praktis.
Keywords:
E-LKPD; Liveworksheet; Kemampuan Pemecahan Masalah MatematisDownloads
References
Aldin, M. (2022). Pengembangan Modul Berbantuan Media Poster Berbasis Mind Mapping Pada Materi Usaha dan Energi di SMA/ MA. 9, 356–363.
Arsyadi, H., Yusuf, M., & Fakhrunnisaa, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Wudhu Dengan Model ADDEI. 6(September 2024), 896–908.
Asma, N., Siregar, R., Susanti, S., Bagus, S. T., & Amirozaliana, R. (2024). Desain E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Materi Perbandingan Senilai. 9(september), 339–350.
Azizah, F., Meilina, S. A., & Susilo, E. (2024). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Studi Literatur Review: Pengembangan E-LKPD Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berbasis Challenge Based Learning dengan Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Prisma, 7, 648–654. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–147.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12. https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417
Kawete, M., Gumolung, D., & Aloanis, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Ikatan Kimia denganModel ADDIE Sebagai Penunjang Pembelajaran di Masa PandemiCovid-19. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 4(1), 63. https://doi.org/10.37033/ojce.v4i1.374
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model_Addie_Untuk_Pengembangan_Bahan_Aja. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, Issue 1, pp. 516–525).
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Noviyanti, D., Siswanah, E., & Fitriani, U. (2021). Efektivitas strategi pembelajaran means ends analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan self efficacy. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 10–19. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.1990
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206. http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 16–26. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.951
Sarman, A. A., Suastika, I. K., & Murniasih, T. R. (2023). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.49-66
Umbara, U., Munir, Susilana, R., & Puadi, E. F. W. (2021). Algebra dominoes game: Re-designing mathematics learning during the covid-19 pandemic. International Journal of Instruction, 14(4), 483–502. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14429a
Yudiana, R., Rismen, S., & Ramadoni. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Tipe Kepribadian Kelas XI MIPA SMAN 2 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 391–396. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan
Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas. 28(1), 15–25.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.