Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Pada Materi Barisan Geometri

Authors

  • Kariza MZ Universita Negeri Padang
  • Yulyanti Harisman Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.12943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X fase E SMA Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling, yaitu dengan memilih 3 orang peserta didik sebagai sampel dan dianalisis lebih lanjut setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pemberian soal uraian tentang barisan geometri sebanyak 3 butir. Instrumen tes telah melalui uji validitas isi oleh dua orang dosen pendidikan matematika dan satu guru mata pelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan peserta didik ke dalam kategori sangat tinggi, tinggi, cukup, dan rendah berdasarkan hasil tes, kemudian dianalisis lebih lanjut berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa 2,78% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategorim sangat tinggi, 41,67% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategori tinggi, 30,56% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategori cukup dan 25,00% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategori rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori rendah masih belum mencapai indikator menyusun rencana, menyelesaikan dan memeriksa kembali, peserta didik dengan kategori cukup belum mencapai indikator menyelesaikan dan memeriksa kembali, peserta didik dengan kategori tinggi belum mencapai indikator memeriksa kembali, dan peserta didik dengan kategori sangat tinggi sudah mampu mencapai semua indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, Matematis, Barisan Geometri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.632

Hikmah, B. N, Nasaruddin, & Atjo, S. E. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 8–15. https://doi.org/10.31849/jurkim.v2i1.9204

Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, Telaumbanua, M. S., Tambunan, H., & Simanjuntak, R. M. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Geometri Berbasis Multiple Solution. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 4026–4037.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1).

Pirmanto, Y., Farid Anwar, M., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Pratiwi, R., & Musdi, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika | Hal, 10(1), 85–91.

Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Penerapan Model Pbl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Spldv. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125. https://www.neliti.com/publications/502800/analisis-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-pada-materi-spldv.

Syahruddin, W., Abdullah, I. H., & Angkotasan, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(3), 302–309. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i3.3533

Zulkarnain, & Sarassanti, Y. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3), 133–142.

Downloads

Abstract Views : 19
Downloads Count: 20

Published

2025-08-13

How to Cite

MZ, K., & Harisman, Y. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Pada Materi Barisan Geometri. Didactical Mathematics, 7(2), 401–408. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.12943

Issue

Section

Articles