Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMA Pada Materi Barisan Geometri
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.12943Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X fase E SMA Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling, yaitu dengan memilih 3 orang peserta didik sebagai sampel dan dianalisis lebih lanjut setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pemberian soal uraian tentang barisan geometri sebanyak 3 butir. Instrumen tes telah melalui uji validitas isi oleh dua orang dosen pendidikan matematika dan satu guru mata pelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan peserta didik ke dalam kategori sangat tinggi, tinggi, cukup, dan rendah berdasarkan hasil tes, kemudian dianalisis lebih lanjut berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa 2,78% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategorim sangat tinggi, 41,67% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategori tinggi, 30,56% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategori cukup dan 25,00% peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan matematis berkategori rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori rendah masih belum mencapai indikator menyusun rencana, menyelesaikan dan memeriksa kembali, peserta didik dengan kategori cukup belum mencapai indikator menyelesaikan dan memeriksa kembali, peserta didik dengan kategori tinggi belum mencapai indikator memeriksa kembali, dan peserta didik dengan kategori sangat tinggi sudah mampu mencapai semua indikator dari kemampuan pemecahan masalah matematis.
Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, Matematis, Barisan GeometriDownloads
References
Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1022
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.632
Hikmah, B. N, Nasaruddin, & Atjo, S. E. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 8–15. https://doi.org/10.31849/jurkim.v2i1.9204
Hulu, D. B. T., Zebua, N. S. A., Zalukhu, A., Herman, Telaumbanua, M. S., Tambunan, H., & Simanjuntak, R. M. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Geometri Berbasis Multiple Solution. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 4026–4037.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Issue 1).
Pirmanto, Y., Farid Anwar, M., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384
Pratiwi, R., & Musdi, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika | Hal, 10(1), 85–91.
Rahmawati, D., Fitrianna, A. Y., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Penerapan Model Pbl Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1725–1734. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1725-1734
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Spldv. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 118–125. https://www.neliti.com/publications/502800/analisis-kemampuan-komunikasi-matematis-siswa-pada-materi-spldv.
Syahruddin, W., Abdullah, I. H., & Angkotasan, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(3), 302–309. https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i3.3533
Zulkarnain, & Sarassanti, Y. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(3), 133–142.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.