Pengembangan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Matriks
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10923Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui desain pengembangan, kevalidan, dan tingkat keefektifan LKPD berbantuan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi matriks kelas XI di MAN 1 Kuningan. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) merupakan jenis penelitian dan model ADDIE sebagai metode pengembangan yang digunakan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, guru matematika dan siswa/i kelas XI C sebagai kelas uji coba produk serta kelas XI F sebagai kelas perlakuan tahun ajaran 2023/2024 di MAN 1 Kuningan. Hasil uji kevalidan LKPD berbantuan aplikasi Geogebra pada kategori sangat valid dengan nilai keseluruhan dari hasil validasi oleh ahli media sebesar 91,8%, ahli materi sebesar 89%, serta angket respon peserta didik pada kategori valid yaitu dengan persentase sebesar 77,8%,. Kemudian hasil tes peserta didik setelah diberikannya perlakuan menunjukkan adanya peningkatan dengan menggunakan nilai N-Gain yaitu 0,6125 yang termasuk pada kategori sedang.
Keywords:
LKPD Berbantuan Aplikasi GeoGebra;, Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Materi MatriksDownloads
References
Arie Pratama, R., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 84–97.
Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173–181.
Ayu Vitantri, C., Ulya, H., Jayus, & Sholihah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(1), 21–30.
Fadya Said, F., Susanto, A., & Putri Utami, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika : SOULMATH, 11(1), 85–98.
Febry Laurentia, I., & Pahlevi, T. (2023). Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Ispring Suite 10 pada Elemen 4 Kelas X MPLB di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai : JPT, 7(1), 3873–3884.
Hidayatulloh Afhami, A. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika : Plus Minus, 2(3), 449–460.
Iswatiningsih, D., Pangesti, F., Puspitasari, L., & Dluhayati. (2022). Pendampingan Penyusunan E-LKPD Berbasis Kompetensi di SMPN 25 Malang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat : JPPM, 6(2), 363–372.
Khairani, B. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA / MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.
Nabila Panjaitan, S., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. 07(March), 1890–1901.
Novitasari, D., Trisnowali MS, A., Hamdani, D., Junaidi, & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika : JES-MAT, 7(1), 1–16.
Rismawati, Hayati, R., & Khatimah, H. (2020). Penerapan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora : Serambi Akademica, 8(2), 210–215.
Sasauw, D. M., Studi, P., Matematika, P., Manado, U. N., & Regar, V. E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Pada Kelas XI SMA Negeri 2 Tondano. 1(4).
Susilawati, & Zulfah. (2020). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kewirausahaan pada Materi SPLTV Kelas X SMA. 2(2), 55–63.
Tri Wahyuni, A., & Rohayah, S. (2022). Pengembangan Pembelajaran Geometri Bidang Datar Berbasis Pendekatan Guided Discovery dengan Pemanfaatan GeoGebra dalam Upaya Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika : MATH LOCUS, 3(2), 134–143.
Yudha Saputra, G., Harjanto, A., & Andrian Ningsih, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019 / 2020. Jurnal of Advances In Information and Industrial Technology : JAIIT, 2(2), 10–24.
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan : QUANTA, 5(3), 111–118.
Yulianing Purwita, L., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Sites materi Kondisi Geografis Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar : PGSD, 11(2), 259–270.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.