Pengembangan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Matriks

Authors

  • Dhea Khoffi Hanafiah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Evan Farhan Wahyu Puadi Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Tio Heriyana Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengetahui desain pengembangan, kevalidan, dan tingkat keefektifan LKPD berbantuan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi matriks kelas XI di MAN 1 Kuningan. Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) merupakan jenis penelitian dan model ADDIE sebagai metode pengembangan yang digunakan. Sampel penelitian yang digunakan adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, guru matematika dan siswa/i kelas XI C sebagai kelas uji coba produk serta kelas XI F sebagai kelas perlakuan tahun ajaran 2023/2024 di MAN 1 Kuningan. Hasil uji kevalidan LKPD berbantuan aplikasi Geogebra pada kategori sangat valid dengan nilai keseluruhan dari hasil validasi oleh ahli media sebesar 91,8%, ahli materi sebesar 89%, serta angket respon peserta didik pada kategori valid yaitu dengan persentase sebesar 77,8%,. Kemudian hasil tes peserta didik setelah diberikannya perlakuan menunjukkan adanya peningkatan dengan menggunakan nilai N-Gain yaitu 0,6125 yang termasuk pada kategori sedang.

Keywords:

LKPD Berbantuan Aplikasi GeoGebra;, Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Materi Matriks

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arie Pratama, R., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 84–97.

Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173–181.

Ayu Vitantri, C., Ulya, H., Jayus, & Sholihah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 7(1), 21–30.

Fadya Said, F., Susanto, A., & Putri Utami, N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbantuan Canva yang Efektif. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika : SOULMATH, 11(1), 85–98.

Febry Laurentia, I., & Pahlevi, T. (2023). Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Ispring Suite 10 pada Elemen 4 Kelas X MPLB di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai : JPT, 7(1), 3873–3884.

Hidayatulloh Afhami, A. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika : Plus Minus, 2(3), 449–460.

Iswatiningsih, D., Pangesti, F., Puspitasari, L., & Dluhayati. (2022). Pendampingan Penyusunan E-LKPD Berbasis Kompetensi di SMPN 25 Malang. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat : JPPM, 6(2), 363–372.

Khairani, B. P., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA / MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1578–1587.

Nabila Panjaitan, S., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. 07(March), 1890–1901.

Novitasari, D., Trisnowali MS, A., Hamdani, D., Junaidi, & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika : JES-MAT, 7(1), 1–16.

Rismawati, Hayati, R., & Khatimah, H. (2020). Penerapan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora : Serambi Akademica, 8(2), 210–215.

Sasauw, D. M., Studi, P., Matematika, P., Manado, U. N., & Regar, V. E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Pada Kelas XI SMA Negeri 2 Tondano. 1(4).

Susilawati, & Zulfah. (2020). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kewirausahaan pada Materi SPLTV Kelas X SMA. 2(2), 55–63.

Tri Wahyuni, A., & Rohayah, S. (2022). Pengembangan Pembelajaran Geometri Bidang Datar Berbasis Pendekatan Guided Discovery dengan Pemanfaatan GeoGebra dalam Upaya Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika : MATH LOCUS, 3(2), 134–143.

Yudha Saputra, G., Harjanto, A., & Andrian Ningsih, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019 / 2020. Jurnal of Advances In Information and Industrial Technology : JAIIT, 2(2), 10–24.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND) Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan : QUANTA, 5(3), 111–118.

Yulianing Purwita, L., & Zuhdi, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Google Sites materi Kondisi Geografis Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar : PGSD, 11(2), 259–270.

Downloads

Abstract Views : 223
Downloads Count: 120

Published

2024-09-02

How to Cite

Hanafiah, D. K., Puadi, E. F. W., & Heriyana, T. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) Berbantuan Aplikasi Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Matriks . Didactical Mathematics, 6(2), 260–270. https://doi.org/10.31949/dm.v6i2.10923