PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA

Penulis

  • Putriyah Putriyah Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Alim Salamah Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Novita Majid Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15794

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 11 Samarinda, dan untuk mengetahui upya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengatasi berbagai hambatan dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru PPKn dan guru IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 11 Samarinada selama ini sudah cukup baik. Kepala sekolah mengupayakan peningkatan kinerja guru dengan mekalukan pemberian motivasi, mengatur lingkungan dan suasana kerja, dan menghargai berbagai perestasi guru. Hambatan dihadapi kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru, ada beberapa hambatan yang di hadapi kepala sekoalah yaitu hambaran internal dan hambatan eksternal. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai motivator dalam peningkatan kinerja guru mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kinerja kemampuan kerja guru, memantau dan menilai kinerja guru dan mengkoordinasi kerja tim di SMP Negeri 11 Samarinda.

Kata Kunci:

Peran, Kepala Sekolah, Motivasi, Kinerja Guru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aghniyak, N. (2025). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pemasaran Bisnis. 7(1), 388–410.

Akbar Abbas, S. (2023). Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Dan Perannya Dalam Mendorong Peningkatan Kinerja: Tinjauan Pustaka. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i1.4295

Aliyah, M., Ulum, M., & Pamekasan, B.-B. (2024). Journal Creativity. 2(1), 3025–7425. http://creativity.masmubata-bata.com/index.php/creativity

Damanik, R. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi mahasiswa. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 51-55.

Devitha, C. T. P., Baharuddin, F. R., dan Purnamawati, P. (2021). Analisis Pengaruh Masa Kerja dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi dan Kinerja Guru Produktif SMK Negeri di Kota Kendari. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 69.

Dewi, R. (2020). Pengaruh Profesionalisme Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Elementary: Islam Teacher Journal, 8(2), 279–294.

Faharudin, F. (2025). Peran Lurah Sebagai Paralegal Justice Dalam Pendampingan Hukum. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 6219-6230.

Fanani, A., Ahmad, S., & Rosani, M. (2025). Upaya Peningkatan Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Rambang Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Risoma: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(2), 112-120.

Fitrah, M. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 175-183.

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77.

Hartawan, H. A. (2020). History: Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Imron, M. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru. Journal Creativity, 1(1), 41-62.

Jannah, M., Yuhana, Y., & Hilaiyah, T. (2025). Peran Kepala Sekolah sebagai Leader dalam Mengembangkan Budaya Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 209-217.

Jufrizen, J., & Sitorus, T. S. (2021, July). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 844-859).

Kuleng, M. M., Ugha, Y., & Harso, A. (2025). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di Smp Negeri 2 Ende. Jurnal Bersama Ilmu Pendidikan (DIDIK), 1(1), 28-35.

Madona, R., & Setiawan, H. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMAU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto The Role of the Principal as a Motivator in Improving Teacher Performance at SMAU BP Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. November, 8056–8064.

Mahram, M., Muhammad, M., & Ribahan, R. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, Kompensasi Guru dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Kinerja Guru MTS. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–78.

Muhammad Fajri, M. R. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Islami, Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1

Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44.

Mustafa, P. S. (2024). Buku Ajar Profesi Keguruan untuk Mahasiswa Pendidikan dan Keguruan.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936-1941.

Rahmawani, R., & Syahrial, H. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Terbatas Sinarmas Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), 27-40.

Rosyad, M. I. (2023). Keefektifan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah (Studi Kasus Di SDN Kalijudan 1 239 Surabaya).Inspirasi Manajemen Pendidikan, 378-391

Saefudin. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JMPT: Jurnal Manajemen Pendidikan Tihamah, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.61444/jmpt.v1i1.2

Saifullah. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN Negeri 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia, 1(2), 600–621.

Saman, A. M., & Hasanah, E. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanankan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatkan Kompetensi Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1913-1920.

Sari, N. K., Kurnia, R., & Daulay, Y. K. (2025). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Ummul Masakin. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 9(1). 252-258

Septiwi, E., Hikmah, N., Zahara, F., & Yantoro, Y. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Peningkatan Kinerja Guru Dan Kompetensi Guru Disekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(2), 256. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i2.2010

Sonedi. (2018). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru The Role of Principal Leadership in Improving Teacher Performance. Anterior Jurnal, 18(1), 13–22. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior

Soro, S. H., Wijayanti, A. H., & Nelda, E. (2024). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Melalui Pemberian Tugas Tambahan. 5, 2171–2180.

Ulfah, M. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA PGRI 6 Banjarmasin. EduCurio: Education Curiosity, 3(2), 323-327

Unduhan

Abstract Views : 24
Downloads Count: 13

Diterbitkan

2025-09-05

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama