TRANSFORMASI PEMBELAJARAN UNTUK MASA DEPAN MELALUI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI)
Abstrak
Transformasi pendidikan di era digital menuntut inovasi agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja yang terus berubah. Salah satu inovasi yang berperan signifikan adalah penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, personalisasi belajar, aksesibilitas pendidikan, serta kesiapan siswa menghadapi tantangan masa depan digital. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian literatur dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI mampu menghadirkan pengalaman belajar yang adaptif dan personal, meningkatkan keterlibatan siswa, memperluas akses pendidikan terutama bagi wilayah terpencil, serta mempersiapkan siswa dengan keterampilan abad ke-21 seperti literasi digital, berpikir kritis, dan kolaborasi. Namun, implementasi AI juga menghadapi tantangan berupa keterbatasan infrastruktur, isu privasi data, bias algoritmik, hingga potensi berkurangnya interaksi manusiawi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang komprehensif, literasi AI, serta kolaborasi berbagai pihak untuk memastikan pemanfaatan AI secara etis, inklusif, dan berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan model pendidikan berbasis AI yang lebih efektif, adaptif, dan siap menghadapi tuntutan masa depan.