TRANSFORMASI PEMBELAJARAN UNTUK MASA DEPAN MELALUI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI)

Authors

  • Lutvi Nurhadiansyah Universitas Majalengka
  • Al Thof Dzafif Nuryana Firdaus Universitas Majalengka

Abstract

Transformasi pendidikan di era digital menuntut inovasi agar tetap relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja yang terus berubah. Salah satu inovasi yang berperan signifikan adalah penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, personalisasi belajar, aksesibilitas pendidikan, serta kesiapan siswa menghadapi tantangan masa depan digital. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis kajian literatur dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI mampu menghadirkan pengalaman belajar yang adaptif dan personal, meningkatkan keterlibatan siswa, memperluas akses pendidikan terutama bagi wilayah terpencil, serta mempersiapkan siswa dengan keterampilan abad ke-21 seperti literasi digital, berpikir kritis, dan kolaborasi. Namun, implementasi AI juga menghadapi tantangan berupa keterbatasan infrastruktur, isu privasi data, bias algoritmik, hingga potensi berkurangnya interaksi manusiawi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang komprehensif, literasi AI, serta kolaborasi berbagai pihak untuk memastikan pemanfaatan AI secara etis, inklusif, dan berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan model pendidikan berbasis AI yang lebih efektif, adaptif, dan siap menghadapi tuntutan masa depan.

Keywords:

Transformasi pendidikan, Artificial Intelligence, pembelajaran adaptif, aksesibilitas, masa depan digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 10
Downloads Count: 5

Published

2023-12-11

How to Cite

Nurhadiansyah, L., & Firdaus, A. T. D. N. (2023). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN UNTUK MASA DEPAN MELALUI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELEGENCE (AI). Journal of Innovation in Primary Education, 2(2), 14–23. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/15785

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.