Efektivitas Model Pembelajaran NHT dan Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.932Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan meta analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Teknik yang digunakan adalah analisis Teknik Effect Size dengan rumus effect size yang digunakan formula pengaruh dengan rumus eta kuadrat (ń2). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah inrumens pemberian kode (coding data). Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan hasil model pembelajaran Problem Posing lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas 4 Sekolah Dasar. Dari Uji Ancova dari nilai rata-rata eksperimen 2 model pembelajaran Problem Posing 79.6380 lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai dari model pembelajaran Problem Solving 77.0840. dari hasil perhitungan Hipotesis menggunakan Uji Ancova dengan menggunakan Univariate menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar 0,05 (0,571>0,05). Dari hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji Ancova dengan Univariete yang menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,571 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,571 > 0,05). Dari uji Ancova menunjukkan F hitung 1. 608 > 4,64. Dan signifikasi 0,571 > 0,05 yang menunjukan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.
Keywords:
meta analisis, NHT, STAD, kemampuan berpikir kreatifDownloads
References
Dachi R. Alyakin, 2017. “Proses dan Analisis Kebijakan Kesehatan (Suatu Pendekatan Konseptual).
CV. Budi Utama: Yogyakarta
H. Punaji Setyosari. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Halimah, Nur. "Perbedaan Pengaruh Model Student Teams Achievement Division (STAD) dan
Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
SD." Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 7, no. 3 (2017): 267-275.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. (Yogyakarta: Pustaka Belajar)
Ishak, Muhammad, Dwi Soelistya Dyah Jekti, and Nyoman Sridana. "Pengaruh Penerapan
Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe
Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan." Jurnal Pijar
Mipa 12, no. 1 (2017).
Komalasari, Kokom. 2010. “Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi”. Bandung: Refika
Aditama.
Nana Syaodih Sukmadinata,2010, Metode Penelitian Pendididkan, Bandung :PT.Remaja Rosdakarya
Permendikbud (2006) Nomor 22. Standar Pendidikan Dasar dan Menengah.
Permendikbud (2015) Nomor 13. Standar Nasional Pendidikan.
Santiana, Ni Luh Putu Murtita, Dewa Nyoman Sudana, and Ni Nyoman Garminah. "Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil BelajarMatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Desa Alasangker." MIMBAR PGSD Undiksha 2, no. 1 (2014).
Slavin, Robert E. 2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta :
Bumi Aksara.
Spencer, Kagan 1992 Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan: Cooperative Learning
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya:Kencana
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP.
Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work