Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Siswa SD Swasta Pangeran Antasari Helvetia
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa kelas III SD Swasta Pangeran Antasari Helvetia Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Pada desain penelitian ini terdapat dua kelompok yang digunakan untuk penelitian, satu kelompok untuk kelas eksperimen dan satu kelompok lagi untuk kelompok kelas. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket untuk mengetahui keterampilan membaca nyaring siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Uji Independent Sample T Test memperoleh t = 6,058, df = 58, dan sig (2-tailed) = 0,000, nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ini menunjukkan hipotesis atau Ha diterima. uji F pada penelitian ini didapatkan nilai F hitung sebesar 36,698 dengan angka signifikansi (P value) sebesar 0,000 dengan tingkat signifikansi 95% (ɑ = 0,05). karena Fhitung > Ftabel, 36,698> 4,00 maka dapat ditentukan bahwa H0 akan ditolak dan Hɑ diterima, dapat dipahami bahwa ada pengaruh media buku cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Swasta Pangeran Antasari tahun pelajaran 2023/2024.
Keywords:
siswa, media buku cerita bergambar, keterampilan membaca nyaringDownloads
References
Ardiana Primasari, M. T. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Buku Cerita Bergambar terhadap Pemahaman Literasi Membaca Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 6 No 4 , 6224 - 6233.
Arruan Langi, E. W. (2022). Pengembangan Media Cerita Bergambar Interaktif untuk Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume 5, Nomor 12 , 5296-5303.
Arsyad, P. D. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ayundha Rosvita, I. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran BukuCerita Bergambar BerbasisKemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Rokania Vol. VI No. 1 , 23 - 34.
Erma Nikita Putri, V. I. (2022). Mengembangkan Kemampuan Membaca Pada Anak Melalui Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Seminar Pendidikan dan Pembelajaran 5 , 690-698.
Faricha Uswatun Chasanah, M. I. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 5 , 3645-3650.
Fita Apriatin, I. E. (2021). PengaruhBuku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut. Renjana Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 , 77-84.
Grace Marthauly Samosir, E. D. (2023). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Matahari Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume 5 Nomor 2 , 59-66.
Gusti Ayu Putu Pradnya Paramita, A. A. (2022). Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu Volume 27, Number 1 , 11-19.
Jamal, A. H. (2019). Meningkatkan Minat Baca Melalui Pemberian Media Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas V SD Inpres Rua Kecamatan Pulau Ternate. Jurnal Pendidikan “Dodoto” Volume 18 No 18 , 63 - 77.
Lailatul Masruro, G. G. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik. JPGSD Volume 06 Nomor 2 , 198-208.
M.Ali, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar Volume 1 Nomor 1 , 1-10.
Marwati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Volume 3. Nomor 1 J , 451-461.
Moh. Zaiful Rosyid, H. S. (2022). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Neng Wuan Marisa, H. O. (2019). Pengaruh Media Cerita Bergambarterhadap Membaca Pemahaman pada Teks Dongeng. Indonesian Journal of Primary Education Vol .3, No. 1 , 93-100.
Novianti, S. (2022). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Siswa MI. Jurnal Pendidikan, Kebudayaan & Keislaman , 18-24.
Novita Agnes Putrislia, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 4 , 2036 - 2044.
Nunuk Suryani, A. S. (2021). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri Rahma Khalisa, E. A. (2022). Analisis Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas 3 DI SDN Sinaba. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Volume 08 Nomor 02 , 1279-1295.
Siwi Pawestri Apriliani, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 , 994 - 1003.
Tarigan, N. T. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere Vol.02 No. 02 , 141-152.
Tarigan, P. D. (2019). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zahra Yuniar Panca Hidaya, I. F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, Volume 2, Number 2 , 144-156.
H. Dalman, M. (2020). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
A. Muri Yusuf, M. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Andien Dwi Ryzka, N. S. (2022). Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Islam Al-Fajri Kota Bekasi Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi , 2677-2680.
Deri Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) , 5-114.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Febri Ramadanu, Jusrin Efendi Pohan, Yenita Br Sembiring

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work