Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8948Abstract
Rendahnya kemampuan literasi yang dimiliki oleh siswa di Indonesia menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini. Berdasarkan masalah yang telah dirinci tersebut, menjadikan tujuan penelitian ini dimaksudkan guna mendalami informasi tentang kemampuan literasi dalam model project based learning baik sebelum atau sesudah. Pengumpulan data untuk mengetahui kemampuan literasi dilaksanakan dengan rangkaian petunjuk tes dalam bentuk soal kemampuan literasi siswa yang terdiri dari 8 soal pilihan ganda dan 4 soal uraian. Metode penelitian pre-eksperimental menjadi metode yang dipergunakan peneliti dipadukan pada desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini meneliti populasi yakni semua Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, dengan sampel penelitian mencakup seluruh siswa dan siswi kelas IV B SDN Cicenang I. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi siswa sebesar 0,4002. Peningkatan tersebut diketahui dari hasil membandingkan antara nilai pretest kemampuan literasi siswa dengan nilai posttest kemampuan literasi siswa. Nilai rata-rata kemampuan literasi yang didapatkan pada saat pretest adalah sebesar 49,37, sedangkan nilai rata-rata kemampuan literasi pada saat posttest adalah sebesar 66,93. Disandarkan pada hasil penelitian tersebut, penulis mengambil benang kesimpulan pernyataan bahwa project based learning terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV.
Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, kemampuan literasiDownloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis (Y. N. I. Sari (ed.); Kedua). Bumi Aksara.
Fajariyanti, K. W. K., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Analisa Penerapan Project Based Learning pada Pembejalaran Tematik. Jurnal Basicedu, 6(6), 9517–9524. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4121
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.); Cet. 1). PT Bumi Aksara.
Kristiyani, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca, Kolaborasi, dan Komunnikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik VIII E SMP Dian Harapan Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13, 133–139. https://doi.org/10.23887/jpbsi.v13i2.67388
Nurbayan, S. (2019). Teori dan Taksonomi Membaca (Ismoyo (ed.); Cetakan Pe). Kanwa Publisher.
Nurfalah, F. S., Haryanti, Y. D., & Susilo, S. V. (2019). Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Project Based Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 485–491. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/70
Rusti, E. R. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Kelas 5 Di Sdn 1 Kalibunder. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 1–4. Reading Literacy, Elementary School Students, Low Reading Literacy%0APENDAHULUAN
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799
Simamora, N., Manurung, A. A., Sinaga, Y. B., Siregar, E. A. R., Manurung, R. G. H., Herman, & Br Sinaga, J. A. (2023). Analisis Budaya Literasi dalam Mengembangkan Minat Membaca di Sekolah Dasar Negeri 154500 Aek Tolang. Journal on Teacher Education, 4(3), 196–203.
Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan (Pertama). UNY Press.
Tressa Linanda, & Hendriawan, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 85–96. https://doi.org/10.33222/jlp.v7i2.1836
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645
Wulandari, T. N., & Reba, Y. A. (2022). Layanan Informasi dengan Media Brosur untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Cenderawasih Journal of Counseling and Education, 1(2), 66–78. https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2563
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mita Dewi Handari, Dadan Djuanda, Isrok’atun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work