Achievement Goal Orientation dan Social Loafing pada Mahasiswa KIP-Kuliah di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8868Abstract
Di samping keunggulan, tentu tugas kelompok juga memiliki kelemahan salah satunya yaitu dapat menurunkan motivasi dan usaha individu untuk menyelesaikan tugas. Achievement goal orientation menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja akademik mahasiswa. Biasanya mahasiswa KIP-K akan merasa lebih semangat dan berkontribusi maksimal ketika ada tugas kelompok. Peneliti menemukan fenomena masalah yaitu terdapat mahasiswa KIP-K yang melakukan social loafing. Idealnya, mahasiswa KIP-K atau penerima beasiswa lain tidak melakukan social loafing. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara achievement goal orientation dengan social loafing pada mahasiswa KIP-K Surakarta. Sampel penelitian sebanyak 193 mahasiswa KIPK yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan alat ukur psikologi yaitu 2 skala yang digunakan, skala achievement goal orientation dan skala social loafing. Hasil validitas kedua skala berada pada koefisien 0.92-1.00 dengan jumlah penilai sebanyak 3 expert judgement, telah dihitung menggunakan validitas ‘Aikens dan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas sebesar 0.910 untuk skala social loafing dan 0.901 untuk skala achievement goal orientation. Uji analisis menggunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima, nilai koefisien korelasi r = -0.533 dengan sig = 0.000 (p > 0.05) dan nilai r2 = 0.284, artinya terdapat hubungan yang negatif secara signifikan antara achievement goal orientation dengan social loafing. Artinya, semakin tinggi achievement goal orientation, maka akan semakin rendah kecenderungan untuk melakukan social loafing. Sebaliknya, semakin rendah achievement goal orientation, maka akan semakin tinggi kecenderungan untuk melakukan social loafing.
Keywords:
Kemalasan Sosial, Mahasiswa KIP-K, Orientasi Tujuan BerprestasiDownloads
References
Aliyyah, R. R., Prananosa, A. G., Ismail, I., Herawati, E. S. B., & Subasman, I. (2021). Apakah Produk Beasiswa Bidikmisi Dapat Memutus Mata Rantai Kemiskinan di Indonesia? Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 78–99. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v4i1.2063
Anugrah, Y. (2020). Peran Goal Commitment Terhadap Social Loafing pada Mahasiswa [Universitas Sumatera Utara]. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/26921
Asyad, A. B. (2023). Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah Harus Berprestasi, Cerdas dan Berakhlak. Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI. https://bimashindu.kemenag.go.id/berita-pusat/mahasiswa-penerima-beasiswa-kip-kuliah-harus-berprestasi-cerdas-dan-berakhlak-ny4VJ
Aulia, H., & Saloom, G. (2019). Pengaruh Kohesivitas Kelompok dan Self Efficacy Terhadap Social Loafing pada Anggota Organisasi Kedaerahan di Lingkungan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. TAZKIYA: Journal of Psychology, 1(1), 79–88. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v18i1.9378
Dewi, S. S. (2018). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Social Loafing Pada Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 4(4), 1–13.
Eliana, R., & Novliadi, F. (2020). Motivation and Social Loafing Tendency as Determinant of Academic Achievement. 7, 1720–1723. https://doi.org/10.5220/0010096517201723
Elliot, A. J., & McGregor, H. A. (2001). A 2 × 2 Achievement Goal Framework. Journal of Personality and Social Psychology, 80(3), 501–519. https://doi.org/10.1037/0022-3514.80.3.501
Fitriana, H., & Saloom, G. (2018). Prediktor Social Loafing dalam Konteks Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 3(1), 13. https://doi.org/10.20473/jpkm.v3i12018.13-22
Harahap, R. A., & Rusli, D. (2019). Pengaruh Faktor Kepribadian terhadap Social Loafing pada Mahasiswa. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3), 1–11.
Hermawan, A. H., Sholikhah, R. N. A., & Amalia, H. N. (2022). Perilaku Social Loafing Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Era Media Sosial. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 2(2), 211–228. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/literasi.v2i1.4409
Høigaard, R., & Ommundsen, Y. (2007). Perceived Social Loafing and Anticipated Effort Reduction among Young Football (Soccer) Players: an Achievement Goal Perspective. Psychological Reports, 100(3 I), 857–875. https://doi.org/10.2466/PR0.100.3.857-875
Karana, A. C., Lavienda, D., Mahaswari, M. E. G., Rani, E., & Tedjawidjadja, D. (2020). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Social Loafing pada Mahasiswa dalam Pengerjaan Tugas Kelompok pada Mahasiswa Selama Perkuliahan Daring. Jurnal Experientia, 11(1), 31–42. http://repository.uin-suska.ac.id/28725/
Kolo, A., & Ikbal, A. (2022). Membina Karakter Aktivis Mahasiswa melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus terhadap Aktivitas Mahasiswa di Universitas Timor). Jurnal Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 8(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v8i1.17587
Krisnasari, E. S. D., & Purnomo, J. T. (2017). Hubungan Kohesivitas Dengan Social Loafing Pada Mahasiwa. Jurnal Psikologi, 13(1), 13–21. https://www.researchgate.net/profile/Eclisia-Selfi-2/publication/326916507_Hubungan_Kohesivitas_Dengan_Kemalasan_Sosial_Pada_Mahasiwa/links/5e1fd088458515ba208a806f/Hubungan-Kohesivitas-Dengan-Kemalasan-Sosial-Pada-Mahasiwa.pdf
Kusuma, P. J. (2015). Hubungan antara Harga Diri dengan Pemalasan Sosial pada Mahasiswa. Naskah Publikasi, 1–11. https://eprints.ums.ac.id/36113/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Lamanepa, R. K., Keraf, M. K. P. A., & Wijaya, R. P. C. (2021). The Effectiveness of Group Cohesiveness Training in Reducing Social Loafing. Journal of Health and Behavioral Science, 3(2), 178–190. https://doi.org/10.35508/jhbs.v3i2.3801
Marlina. (2019). Social Loafing Mahasiswa UNNES dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Mengerjakan Tugas Kelompok. Universitas Negeri Semarang.
Mp, D. R. A. B., Oktari, S., & Purna, R. S. (2022). Perilaku Social Loafing Mahasiswa dalam Mengerjakan Tugas Kelompok melalui Sistem Daring. Jurnal Psikologi Tabularasa, 17(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpt.v17i1.8059
Myers, D. G. (2010). Social Psychology (10 Ed.). The McGraw-Hill Companies.
Narotama, I. B. I., & Rustika, I. M. (2019). Peran Harga Diri dan Efikasi Diri Terhadap Social Loafing pada Mahasiswa Preklinik Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 1281–1292.
Oktrivia, R. J., & Maryam, E. W. (2021). Social Loafing on Students of Muhammadiyah University Sidoarjo. Academia Open, 5, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2135
Paksi, E. W. H., Okfrima, R., & Mariana, R. (2020). Hubungan Antara Kohesivitas Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemalasan Sosial (Social Loafing) Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Psyche 165 Journal, 13(1), 53–59. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i1.45
Panjaitan, S. S. U., Akmal, M. El, & Mirza, R. (2019). Social Loafing Ditinjau dari Kohesivitas pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Prima Indonesia di Sumatera. Jurnal Diversita, 5(2), 76–85. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.2319
Pintrich, P. R. (2000). An Achievement Goal Theory Perspective on Issues in Motivation Terminology, Theory, and Research. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 92–104. https://doi.org/https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1017
Prasetyo, A., Istiqomah, R. S., Rifai, M., Abdul, M., & Azis, D. M. (2022). Analisis Konsep Model Kepribadian Mahasiswa Penerima KIP-Kuliah di UIN Raden Mas Said Surakarta Menuju Era Society 5.0. Academica (Journal of Multidisciplinary Studies), 6, 77–100. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/academica.v6i1.5709
Pratama, K. D., & Aulia, F. (2020). Faktor-Faktor yang Berperan dalam Pemalasan Sosial (Social Loafing): Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1460–1468. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.611
Purba, R. A. S., & Eliana, R. (2018). Hubungan Self-Efficacy dan Social Loafing Tendency pada Mahasiswa. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 1(1), 258–263. https://doi.org/https://doi.org/10.32734/lwsa.v1i1.173
Purna, R. S., Sari, L., Angraini, F., Armalita, R., & Oktari, S. (2022). Achievement Goal Orientation and Cohesivity Reduce Social Loafing Tendency among Undergraduate Students. International Journal of Research in Counseling and Education (IJRiCE), 06(02), 213–224. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/00583za0002
Putri, G. A., Iswinarti, I., & Istiqomah, I. (2021). Harga Diri Dengan Kemalasan Sosial Pada Mahasiswa LSO (Lembaga Semi Otonom). Journal Psikogenesis, 8(2), 229–240. https://doi.org/10.24854/jps.v8i2.790
Rahmawati, E., & Farozin, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal melalui Teknik Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wates dan SMP Negeri 3 Wates Yogyakarta. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari, 19(2), 236–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v19i2.5035
Riwoe, C. E., Dinah, M. C. L., & Benu, J. M. Y. (2022). Social Loafing Behavior in Group Task Completion of University Student. Journal of Health and Behavioral Science, 4(3), 460–468. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jhbs.v4i3.7330
Sampurno, Y. G., Siswanto, I., & Efendi, Y. (2018). Karakteristik Mahasiswa Bidik Misi Pendidikan Teknik Otomotif (Studi Kasus Sikap, Minat, Motivasi, dan Prestasi Mahasiswa Bidik Misi). Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 1(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21779
Sari, L. I., Probonegoro, W. A., Romadiana, P., & Saftari, M. (2021). Sosialisasi, Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan KIP Kuliah di Desa Air Anyir. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 945–950. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2778
Sastra Purna, R., Armalita, R., & Oktari, S. (2021). Social Loafing Viewed From The University Students Achievement Goal Orientation (AGO) Type. International Journal of Scientific & Technology Research, 10(01), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/00583za0002
Satryawan, E. (2016). Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa antara Penerima Beasiswa dengan Tidak Penerima Beasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Angkatan 2011 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7683
Supardi, F. (2016). Hubungan Harga Diri dengan Perilaku Menyontek pada Mahasiswa [Universitas Medan Area]. http://hdl.handle.net/123456789/306
Williams, K. D., & Karau, S. J. (1993). Social Loafing: A Meta-Analytic Review and Theoretical Integration. Journal of Personality and Social Psychology, 65(4), 681–706. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0022-3514.65.4.681
Ying, X., Li, H., Jiang, S., Peng, F., & Lin, Z. (2014). Group Laziness: The Effect of Social Loafing on Group Performance. Social Behavior and Personality: An International Journal, 42(3), 465–472. https://doi.org/https://doi.org/10.2224/sbp.2014.42.3.465
Yudhistira, S., Deasyanti, D., & Muzdalifah, F. (2020). Analisis Model Pengaruh Goal Orientation, General Self-Efficacy dan Jenis Kelamin terhadap Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(2), 358. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.8849.2020
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mizzatul Fadilah, Ayatullah Kutub Hardew

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work