Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif Dengan Model PAIKEM Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8812Abstract
Untuk penigkatan prestasi belajar siswa dalam memahami materi menulis cerita inspiratif dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah model pembelajaran. Mempertimbangkan spesifikasi permasalahan yang terjadi, maka ditawarkan model embelajaran PAIKEM sebagai alternatif solusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran model PAIKEM pada materi menulis cerita inspiratif dapat terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Buntul Peteri Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan model PAIKEM pada materi menulis cerita inspiratif dan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM serta bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan model PAIKEM di kelas VI SD Negeri Buntul Peteri Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang dan yang menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas VI yang mengalami kesulitan belajar berjumlah 30 orang. Pada siklus I secara individual telah tuntas dengan rata-rata 69, 66 dari 30 siswa hanya 22 orang siswa dikatagorikan tuntas, sedangkan secara klasikal sebesar 73,33% sekurang-kurangnya 85% (Mulyasa) pada siklus I belum mencapai target atau belum tuntas. Pada siklus ke II rata-rata 77,66 dari 30 siwa ada 28 orang siswa yang dikatagorikan tuntas, sedangkan secara klasikal sebesar 90% sekurang-kurangnya 85% (Mulyasa) sudah mencapai target atau sudah tuntas. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model PAIKEM dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi menulis cerita inspiratif di kelas VI SD Negeri Buntul Peteri
Keywords:
Keterampilan menulis, cerita, sekolah dasarDownloads
References
Arikunto. Suharsimi. (2006). Prossedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Daradjat, Zakiah Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Ismadi Janu. (2008). Ensiklopedi Anak Indonesia, Tanggerang : PT Panca Anugrah Sakti.
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi
Lestari, A. Y, & Nuryatin, A. (2019) desain Buku Teks cerita Inspiratif Bermuatan Karakter mandiri Sebagai implimentasi kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal pendidikan dan Bahsa dan Sastra Indonesia, 8(1), 64-69)
Rustendi. (2017). Mengenal dan Memanfatkan Internet, Bandung : PT Sarana Panca Karya Nusa.
Murray Spiegel & Kasir Iskandar, Seri Buku Schaulu dan Soal-Soal, Jakarta: Erlangga, 1999
Supriyanto, S., & Kuntoro, K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Inspiratif Yang Membangun Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(1), 19. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i1.13722
Sitorus, F. R. (2023). Implementation Of Bahasa Indonesia And Literature Curriculum Based On Local Wisdom. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 6(2), 135-144.
Sitorus, F. R., Silalahi, W. P., & Naibaho, P. (2022). College Students'views On Completing The Test Through Game-Based Learning. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 296-304.
Sugiono. (2015). Penggunaan Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Tarigan, H.G. (2005). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tirtarahardja Umar, Pengantar Pendidikan, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Uno, H. B., & Nurdin, M, Belajar dengan Pendekatan P.A.I.L.K.E.M. Jakarta: Bumi aksara.
Utami, R. P. (2017). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Dharma Pendidikan Stkip Pgri Nganjuk, 12(2), 62–81
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ismawardani, Panigoran Siburian, Friska Ria Sitorus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work