Pengembangan Media Flashcard Prepositions of Place Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8369Abstract
Pelajaran bahasa Inggris dianggap sebagai hal yang mengerikan dan menyulitkan oleh sebagian siswa. Siswa cenderung kurang memahami arti dari kosakata dalam bahasa Inggris dan kurang optimalnya penggunaan media dalam pembelajaran, menyababkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard yang akan dilaksanakan di SD Negeri Tegalrejo 4 Salatiga. Penelitian akan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development. Prosedur yang dalam penelitian yaitu Borg & Gall yang telah dikembangkan oleh Sukmadinata dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu analisi data kuatitatif dan deskriptif. Penelitian memperolah uji validasi materi sebesar 100%, sedangkan uji validasi ahli media memperoleh skor 91,6%, dan uji validasi ahli bahasa memperoleh skor 85%. Dari hasil uji validasi ahli, maka media termasuk dalam kategori “sangat tinggi”, sehingga media yang dikembangkan “sangat layak” untuk diimplementasikan. Hasil uji coba di sekolah memperoleh rata-rata nilai pretest 6,00 dan post-test memperoleh 11,20. Dari hasil uji coba dapat terlihat bahwa peningkatan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran flashcard.
Keywords:
Kosakata bahasa Inggris, Media pembelajaran, FlashcardDownloads
References
Ashofa, W., & Djuhan, M. W. (2021). Peran Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Picture and Picture Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii D Di Smp Negeri 1 Balong Ponorogo. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 49-60.
Balai Besar Penjamin Mutu Jawa Timur (2023). 3 Pendekatan Atasi Persoalan Pendidikan di Daerah melalui Merdeka Belajar, Retrived from https://bbpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/3-pendekatan-atasi-persoalan-pendidikan-di-daerah-melalui-program-merdeka-belajar
EF Proficiency(2023). Daftar peringkat terbesar berdasarkan kemampuan bahasa Inggris di negara dan wilayah terbesar dunia, Retrived from https://www.ef.co.id/epi
KBBI. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa KBBI VI Daring, Retrived from https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Kurikulum Merdeka, (2022). Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris pada Kurikulum Merdeka, Retrived from https://kurikulummerdeka.com/capaian-pembelajaran-bahasa-inggris-pada-kurikulum-merdeka/#google_vignette
Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1-6.
Pramukti, et. al. (2021). Pengaruh penguasaan kosakata terhadap pemahaman isi wacana pada siswa kelas v sd se-kecamatan banyumas tahun ajaran 2020/2021. 9, 1–8.
Setiyana, T. (2023). Media Kartu Dengan Kearifan Lokal Gusjigang Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. Educatio, 18(1), 118–128. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.9438
Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Researchgate. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Widya Pramesthi, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work