Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.763Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan game online terhadap minat belajar sisiwa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif jenis desktiptif untuk mengungkapkan suatu fakta, dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket yang terdiri dari 19 soal. Berdasakan hasil analisis perhitungan dengan skala Guttman menunjukan angka 64,8%, hal ini dapat diartikan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan game online terhadap minat belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan game online tidak mempengaruhi minat belajar siswa.
Keywords:
game online, minat belajarDownloads
References
Angela. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(2), 532-544.
Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 135-142.
Pande A Mahrani. (2015). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana, Vol 2 No 2 : 165-166.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sholichah, Aas Siti. 2018. Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7 (1). Hal 25.
Transmawati, M. W. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Remaja. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 650-657). Palembang: Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Wandini, Rora Rizky dan Maya Rani Sinaga. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah. Vol.6 (1). Hal 3.
Winkle, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wandini, Rora Rizky dan Maya Rani Sinaga. 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah. Vol.6 (1). Hal 3.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work