Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751Abstract
IPA merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang membekali siswa untuk mampu berpikir kritis. Namun dibutuhkan strategi yang tepat agar siswa mampu berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kuasi eksperimen untuk melihat hubungan sebab akibat dari efektivitas dari model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan rubrik penilaian) dengan teknik analisis data berupa uji normalitas data dengan statistik parametrik, uji homogenitas, uji beda mean dan pengujian hipotesis. Simpulan penelitian ini didasarkan pada perhitungan uji T menggunakan teknik Independent sample T-test dengan nilai uji T yaitu sebesar 3,482 dengan taraf signifikansi 2-tailed sebesar 0,001 dan df sebesar 53. Maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima karena nilai probabilitasnya < 0,05, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaaran Inquiry Learning dalam meningkatkan kemampuan berpkir kritis pada materi IPA kelas V.
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Inquiry Learning, Berpikir KritisDownloads
References
Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853
Budiyanto, M. A. K. (2019). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL).
Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472
Darmayanti, N. W. S., Artini, N. P. J., Junairta, P. P., Wahyuni, N. N. T., Wijaya, I. K. W. B., Setiawati, G. A. D., Kristiandayanti, K. A., & Januariawan, I. W. (2022). Strategi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama.
Indarsah, S. I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Sekolah Dasar. Snhrp, April, 973–978. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/420%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/420/363
Kurniawan, A., Rahmiati, D., Nurmina, Marheto, G., Suryani, N. Y., Jalal, N. M., Daniarti, Y., Kasmawati, Wigarti, E., Harum, A., Nugroho, A. A., Suparmi, Syamia, E. N., Yunarti, T., Utami, S., Haudiah, A., & Artiyani, L. E. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL) (A. Y. Wahab, H. Muraini, & S. F. Hamid (eds.)).
Lestari, D. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Min 1 Serang. Journal of Islamic Education, 8(1). https://doi.org/10.18860/jie.v8i1.6431
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Mahendradhani, G. A. R. (2021). Problem Based Learning di Masa Pandemi. NILACAKRA.
Ruli, E., & Indarini, E. (2022). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 221–228. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Salama Suardi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 18 Barru. Jurnal Banua Oge Tadulako, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.22487/jbot.v2i1.1926
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.
Sugita. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Mtsn 1 Bantul. Secondary : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 123–131.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Syarifah. (2022). Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial.
Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscinza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26/20
Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 1–8.
Wahyu, A. O., & Tego, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu
Wariyanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1019–1024. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1019-1024
Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Thomas Andre Setiawan, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work