Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Thomas Andre Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang membekali siswa untuk mampu berpikir kritis. Namun dibutuhkan strategi yang tepat agar siswa mampu berpikir kritis dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kuasi eksperimen untuk melihat hubungan sebab akibat dari efektivitas dari model pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan rubrik penilaian) dengan teknik analisis data berupa uji normalitas data dengan statistik parametrik, uji homogenitas, uji beda mean dan pengujian hipotesis. Simpulan penelitian ini didasarkan pada perhitungan uji T menggunakan teknik Independent sample T-test dengan nilai uji T yaitu sebesar 3,482 dengan taraf signifikansi 2-tailed sebesar 0,001 dan df sebesar 53. Maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima karena nilai probabilitasnya < 0,05, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaaran Inquiry Learning dalam meningkatkan kemampuan berpkir kritis pada materi IPA kelas V.

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Inquiry Learning, Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, L. I. R., Sugiyanti, S., & Happy, N. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dan Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 30–36. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3853

Budiyanto, M. A. K. (2019). Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL).

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/472

Darmayanti, N. W. S., Artini, N. P. J., Junairta, P. P., Wahyuni, N. N. T., Wijaya, I. K. W. B., Setiawati, G. A. D., Kristiandayanti, K. A., & Januariawan, I. W. (2022). Strategi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Indarsah, S. I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Sekolah Dasar. Snhrp, April, 973–978. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/420%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/420/363

Kurniawan, A., Rahmiati, D., Nurmina, Marheto, G., Suryani, N. Y., Jalal, N. M., Daniarti, Y., Kasmawati, Wigarti, E., Harum, A., Nugroho, A. A., Suparmi, Syamia, E. N., Yunarti, T., Utami, S., Haudiah, A., & Artiyani, L. E. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL) (A. Y. Wahab, H. Muraini, & S. F. Hamid (eds.)).

Lestari, D. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Min 1 Serang. Journal of Islamic Education, 8(1). https://doi.org/10.18860/jie.v8i1.6431

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Mahendradhani, G. A. R. (2021). Problem Based Learning di Masa Pandemi. NILACAKRA.

Ruli, E., & Indarini, E. (2022). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 221–228. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Salama Suardi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 18 Barru. Jurnal Banua Oge Tadulako, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.22487/jbot.v2i1.1926

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group.

Sugita. (2021). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Mtsn 1 Bantul. Secondary : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(1), 123–131.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Syarifah. (2022). Model Problem Based Learning dan Pembentukan Kelompok Sosial.

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tecnoscinza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26/20

Utami, R. A., & Giarti, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(1), 1–8.

Wahyu, A. O., & Tego, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Wariyanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Pada Subtema Keindahan Alam Negeriku. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1019–1024. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1019-1024

Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74.

Downloads

Abstract Views : 1996
Downloads Count: 1469

Published

2023-11-06

How to Cite

Setiawan, T. A., & Airlanda , G. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2043–2051. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5751

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.