Media Pembelajaran Card Match Circle Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Macam Kegiatan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5281Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, khususunya materi berbagai bidang pekerjaan. Penyebab permasalahan ini adalah minimnya media pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media CMC yang layak digunakan pada pembelajaran IPS. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SDN Jambi 2 kabupaten Nganjuk dengan subjek siswa kelas IV sebanyak 24 responden. Hasil penelitian menunjukkan, media Card Match Circle dinyatakan sangat valid dan baik digunakan dengan presentase skor dari validasi pembelajaran 85% validasi media 90% , dan validasi materi dalam media memperoleh 95,5% . Hasil keefektifan media Card Match Circle pada uji terbatas memperoleh skor rata-rata sebesar 90 dan pada uji luas skor rata-rata sebesar 92,5 %. Hasil respon guru terhadap media Card Match 92% dan respon siswa sebesar 94,5%. Berdasarkan hasil tersebut media Card Match Circle dapat dikatakan sangat valid, sangat efektif dan layak digunakan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, khususunya materi berbagai bidang pekerjaan.
Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Card Match CircleDownloads
References
Anggraini, V. D., Kustianti, S. K., & ... (2018). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Kecamatan Pelabai Kabupaten Lebong. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(3), 240–245. https://doi.org/10.33369/juridikdas.1.3.%25p.
Badje, Y. (2022). Pengembangan Media Permainan Card Match Circle Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100–110.
Benu, A. Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match Circle Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar: Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match Circle Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 175-180.
Chusna, P. A., & Wahyuningtyas, H. (2020). Pengembangan Media Card Match Circle Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Garum Blitar. Awwalyah: Jurnal PGMI, 3(1), 40–46.
Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 72–75.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com
Hayati, F., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1181
Hidayat, B. (2020). Tinjauan Historis Pendidikan Ips Di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493
Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
Humaisi, M. S. (n.d.). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa. 1–12.
Juniarti, W., Affandi, L. H., & Husniati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Card Match Circle Untuk Kelas IV SDN 36 Ampenan. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 25-34.
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Meida, N., Kosmajadi, E., & Susilo, S. V. (2021). Peran Media Pembelajaran Card Match Circle. 72–76.
Meidawati, E. (2015). Upaya meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (pkn) menggunakan index card match. Trihayu: Jurnal Pendidikan, 1(2), 112–117. https://doi.org/10.30738/trihayu.v1i2.834.
Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu Flashcard dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143–148. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/10786.
Mustikah, S., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Card Match Circle Pada Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6359-6367.
Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah, 3(1), 114–131.
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393.
Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., & Anggraeni, R. W. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di SDN Muncul 1. EDISI, 3(2), 225-242.
Octaviani, S. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p66-77
Parni. (2020). Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Cross-Border: Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi Dan Hubungan Internasional, 3(2), 96–105.
Pratomo, W., Nadziroh, & Chairiyah. (2020). Pengembangan media papan kartu bergambar pada pembelajaran tematik muatan ppkn siswa kelas ii sdn se-gugus 01 kecamatan prambanan kabupaten sleman tahun ajaran 2019/2020. Pekan, 5(2), 184–196. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/938
Qurrotaini, L., Khusnussyifa, N., Sundi, V. H., &, & Nurmalia, L. (2020). Analisis Faktor Hambatan Penerapan IPS di SD pada Pembelajaran Daring. Seminar Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7871/4683
Rustini, T., Oktari, D., De, J. A., Tobing, E., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Problematika Penggunaan TPACK pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Journal on Education, 05(02), 3073–3077.
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611
Sexcio, E. B., & Dafit, F. (2022). Card Macth Circle : Innovative Learning Media on Social Science Learning in Grade IV Elementary School. 6(1), 156–164.
Sida, S. U., Sakdiyah, H., & Wahyudiyanto, T. (2021, November). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Card Match Circle Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 5, No. 1, pp. 681-689).
Siregar, Y. R., & Rosmaini. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP. KODE: Jurnal Bahasa, 11(3), 44–55. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/28297
Susiati, S. (2020). Media Kartu Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di TK Negeri Pembina IV Kademangan Tangerang Selatan. PAKAR Pendidikan, 18(2), 74–87. http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/178.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hesti Novita Sari, Ilmawati Fahmi Imron, Alfi Laila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work