Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan

Authors

  • Armiyanti Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Tatang Sutrisna Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Lia Yulianti Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Nova Rati Lova Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Endang Komara Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104

Abstract

Kepemimpinan transformasional telah diakui sebagai salah satu faktor penting dalam meningkatkan kinerja layanan pendidikan. Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan transformasional melibatkan pemimpin yang mampu menginspirasi dan memotivasi para profesional pendidikan untuk mencapai hasil yang lebih baik dan mendorong inovasi dalam penyediaan layanan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja layanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Purwakarta dengan sumber data adalah kepala sekolah dan para guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian literatur yang relevan dengan isu kepemimpinan dalam pendidikan. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala SMPN 01 Purwakarta berhasil  mengimplementasikan kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan layanan pendidikan di sekolah dengan membangun visi yang kuat, memotivasi partisipasi, mendorong inovasi, membangun kapasitas, dan menciptakan budaya pembelajaran yang kolaboratif. Kepemimpinan transformasional mampu menciptakan visi yang jelas dan membangun hubungan yang kuat dengan staf pendidikan. Kepala sekolah mampu mengkomunikasikan tujuan dan nilai-nilai organisasi secara efektif, menggerakkan perubahan yang diperlukan, dan memberdayakan anggota tim untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Layanan Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addin, F. N., Bintang Kejora, M. T., & Kosim, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Ghoyatul Jihad Kabupaten Karawang. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 153. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16673

Al-Husseini, S., El Beltagi, I., & Moizer, J. (2021). Transformational leadership and innovation: the mediating role of knowledge sharing amongst higher education faculty. International Journal of Leadership in Education, 24(5), 670–693. https://doi.org/10.1080/13603124.2019.1588381

AL Dulaimi, Z. Y. S. (2016). Education, Educational Services and their Quality. Journal of Marketing Management (JMM), 4(1). https://doi.org/10.15640/jmm.v3n2a6

Arif, S., & Akram, A. (2018). Transformational Leadership and Organizational Performance. SEISENSE Journal of Management, 1(3), 59–75. https://doi.org/10.33215/sjom.v1i3.28

Bakker, A. B., Hetland, J., Kjellevold Olsen, O., & Espevik, R. (2022). Daily transformational leadership: A source of inspiration for follower performance? European Management Journal, December 2020. https://doi.org/10.1016/j.emj.2022.04.004

Bass B. M. (1985) Leadership and performance beyond expectations. New York: Free Press.

Bass, B. M., & Bass, R. (2009). The Bass handbook of leadership: Theory, research, and managerial applications. Simon and Schuster.

Bose, T., & Haque, E. (2011). Transformational Leadership: Concepts, Applications, Criticisms and Evaluations. 8(September 2011), 40–49.

Burns, J. M. (2012). Leadership. Open Road Media.

Downton, J. V. (1973). Rebel leadership: Commitment and charisma in the revolutionary process. Free Press.

Eisenbeiß, S. A., & Boerner, S. (2013). A Double-edged Sword: Transformational Leadership and Individual Creativity. British Journal of Management, 24(1), 54–68. https://doi.org/10.1111/j.1467-8551.2011.00786.x

Jensen, U. T., & Bro, L. L. (2018). How transformational leadership supports intrinsic motivation and public service motivation: The mediating role of basic need satisfaction. The American Review of Public Administration, 48(6), 535-549.

Juhro, S. M. (2020). Transformational Leadership: Konsep, Pendekatan, dan Implikasi pada Pembangunan (Vol. 25, Issue June). Bank Indonesia Institute.

Korejan, M. M., & Shahbazi, H. (2016). An analysis of the transformational leadership theory. Journal of fundamental and applied sciences, 8(3), 452-461. https://doi.org/10.4314/jfas.v8i3s.192

Kouzes J. M., Posner B. Z. (1987) The leadership challenge. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Laal, M., Khattami-Kermanshahi, Z., & Laal, M. (2014). Teaching and Education; Collaborative Style. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.890

Milan Shrestha, M. S. (2020). Transformational Leadership and its Dimensions: Contributions in Organizational Change among Schools. BSSS Journal of Management, August 2020. https://doi.org/10.51767/jm1107

Rothwell, W. J., Stavros, J. M., & Sullivan, R. L. (2015). Organization Development, Transformation, and Change. Practicing Organization Development: Leading Transformational Change: Fourth Edition, January, 9–25. https://doi.org/10.1002/9781119176626.ch1

Sadeghi, A., & Pihie, Z. (2012). Transformational Leadership and Its Predictive Effects on Leadership Effectiveness. International Journal of Business & Social Science, 3(7), 186–197.

Sahgal, P. (2007). Transformational Leaders : Their Socialization , Self-Concept , and Shaping Experiences. International Journal of Leadership Studies, 2(3), 263–279. https://doi.org/tlp

Santrock. (2011). Life span development. MCGraw Hill.

Steele, A. R., & Day, D. V. (2020). Development and Preliminary Validation of the Interest in Leadership Scale. SAGE Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244019900182

Tan, O., & Low, W. L. E. (2019). Teacher Education in the 21st Century. In Teacher Education in the 21st Century. https://doi.org/10.5772/intechopen.77621

Ulewicz, R., Sethanan, K., Nitkiewicz, T., & Wiśniewska-Sałek, A. (2020). Quality of Educational Services. Quality – Yesterday, Today, Tomorrow, 21(1), 293–305. https://doi.org/10.30657/hdmk.2020.18

Downloads

Abstract Views : 3688
Downloads Count: 3037

Published

2023-06-28

How to Cite

Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)