Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Serta Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4891Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan juga hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran IPA. Subjek panelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tingkir Lor 01 Salatiga yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, yang dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa peningkatan untuk motivasi belajar pada siklus I 50% pada pertemuan pertama dan kedua dengan rata-rata 76,3 dan pada tahap siklus II terjadi peningkatan di pertama mencapai persentase 64% dan meningkat lagi dipertemuan kedua menjadi 75% dengan rata-rata 80 disiklus II. Sedangkan untuk hasil belajar sendiri tingkat persentase ketuntasan disiklus I pertemuan pertama adalah 10% di pertemuan kedua menjadi 32% untuk siklus II pertemuan pertama meningkat 67% dan dipertemuan kedua mencapai 100%. Penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.
Keywords:
Model Pembelajaran Jigsaw, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPADownloads
References
Ahmadiyanto. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas Viiic Smp Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 980-993.
Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menemukan Kalimat Utama Pada Tiap Paragraf. JUrnal pendidikan, 111-120.
Alkaromi. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Menigkatkan Kerja Sama Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 75-84.
Amna, E. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal pendidikan, 93-196.
Anggraini, W. (2019). Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98-106.
Asri, K., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).
Ayustina, S. G., & Mustofa, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melal Ui Model Cooperative Learning Together Pelajaran Keseimbangan Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Kelas Iv B Sd N Kestalan Surakarta 2021/2022. Jurnal Pendidikan, 82-87.
Dewi, S. R., & Arifin, A. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dan Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(2), 1-21.
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Herwati, Kristanto, B., Zulaichoh, S., & Rahayu, T. (2023). Motivasi Dalam Pendidikan . malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 222-228.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal pendidikan, 90-98.
Palittin, I. D. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 101-109.
Pujingsih, R. R. S. H. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 1 Gerung. Jurnal Paedagogy, 8(1), 50-56.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. kencana.
Sitohang, M. N., Ginting, M., & Kilungga, E. (2022). Peningkatkan Pemahaman Makna Kompetensi Dasar Matematika Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbasisliterasi Informasi Digital Pada Mahasiswa Pgsd Stkip Kristenwamena. jurnal pendidikan dasar, 101-106.
Sutomo, M. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1).
Syarifuddin, A. (2011). Model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 209-226.
Winkel. S, W. (1989). Psikologi pengajaran. jakarta: gramedia.
Yudianto, m. (2021). Revitalisasi Peran Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah. Bandung: rinda fauzian.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yonathan Daniel Sampe Bangun, Herry Sanoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work