Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 43 Ampenan pada bulan Januari hingga Februari 2023. Dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh diperoleh sampel penelitian siwa kelas V sebanyak 2 kelas masing-masing 26 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes berbentuk soal pilihan ganda. Data yang terkumpul diolah dengan teknik statistik inferensial menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran NHT sebesar 78,50 sedangkan pada kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata hasil belajar 73,12. Rata-rata hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran NHT dibanding kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan pengujian perbedaan rata-rata dua sampel (uji-t) diketahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran konvensional. Jika merujuk rata-rata yang diperoleh, hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT lebih dibanding model pembelajaran konvensional. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meingkatkan hasil belajar IPS Siswa sekolah dasar.
Keywords:
Numbered Head Together, Hasil Belajar, sekolah dasarDownloads
References
Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. INoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450
Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801
Aldista, A. B. (2019). Peningkatan Kerjasama Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv A Sd N Margoyasan. Basic Education, 8(6), 622-635.
Arsini, N. N., Parmiti, D. P., & Sumantri, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester II SD Gugus VI Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2014/2015. Journal Mimbar PGSD Undiksha, 3 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5811
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan dalam Meningkatkan Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Arum, R. A. S., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875.
Chatib, M., Hidayat, S., & Siroj, R. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Aplikasi Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri Titian Teras Jambi. BIODIK, 5(1), 68-80.
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 11(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862.
Hau, E. M., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Umbu Ratu Nggay. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 89-98.
Junistira, D. D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440.
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Journal Ilmiah Pendidikan, 9 (2). Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169
Lestari, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menyunting Menggunakan Media Papan Ejaan Dengan Model Pembelajaran Nht. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 6(3), 315-325.
Paramita, N. M. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berorientasi Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa kelas V. Journal of Education Technology, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17957.
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.742.
Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Ritawati, B., & Wahyuni, S. (2020). Kemampuan komunikasi matematika: Studi komparasi pembelajaran number head together (NHT) dan media power point (PPT). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 39-50.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Journal Mathematic Paedagogic, 2 (2).
Sariayu, M. R., & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Think Pair Share di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 295–305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.337.
Sudarmiani, Putra, N. P., & Rifai. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Gema Wiralodra, 12(2). https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v12i2.191.
Sudarta, W. G., Manuaba, I. B. S., & Abadi, I. B. G. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V. Journal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. Journal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9 (3).
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kuantitatif R&D dan Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Wardani, N. M. ., Suniasih, N. ., & Sujana, I. . (2018). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 209–216. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15498
Yasa, I. K. D., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Peningkatan Efikasi Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 330-341.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
Zativalen, O. (2021). Implementasi Metode Number Head Together (Nht) Pada Pembelajaran Tematik. Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 74-83.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dedi Kusnaeni, Lalu Hamdian Affandi, Itsna Oktaviyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work