Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pendidikan inklusi serta aktifitas dukungan sekolah dan guru kepada siswa ABK dalam layanan pendidikan inklusi dan hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan terhadap sepuluh sekolah dasar negeri di kota serang pada bulan oktober sampai desember 2022. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan anak berkebutuhan khusus. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitatif melalui teknik analisis dekriptif dengan kajian studi kasus mengunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian pada proses layanan pendidikan inklusi ditemukan sebanyak 60% guru kesulitan dalam melakukan identifikasi dan asesmen awal, sebanyak 50% guru menyatakan belum dapat merencanakan pembelajaran terdiferensiasi, sebanyak 40% guru belum memahami pelaksanaan pembelajaran inklusif, sebanyak 70% guru belum membuat evaluasi/asesmen yang sesuai, dan sebanyak 30% guru mengalami kesulitan mengatur waktu dalam proses pembelajaran. Ditemukan faktor dominan yang menajadi penghambat dalam implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar adalah tidak tersedianya guru pendamping khusus yang memiliki kompetensi dengan latar belakang pendidikan yang sesuai, minimnya sosialisasi kebijakan layanan sistem pendidikan melalui sekolah inklusi, keterbatasan anggaran layanan pendidikan inklusi di sekolah, tidak tersedianya sarana dan prasarana pendukung sekolah inklusi, koordinasi dan komunikasi yang kurang baik antara pihak dalam mendukung pelaksanaan sekolah inklusi.
Keywords:
Kebijakan, Pendidkan Inklusi, Sekolah DasarDownloads
References
Abd. Kadir. (2015). Penyelenggaraan sekolah inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1–22.
Anggriana, T. M., & Trisnani, R. P. (2016). Kompetensi Guru Pendamping Siswa ABK di Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 157–164.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Sumatera Barat. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153.
Asiyah, D. (2018). Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 1(1), 69–82.
Barsihanor, B., & Anindia Rosyida, D. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Firdaus Banjarmasin. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 147–166. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2712
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300.
Dewi, N. K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 12–19. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997
Fitria, R. (2012). Proses Pembelajaran Dalam Setting Inklusi di Sekolah Dasar. E-JupeKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 1, 90–101. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Ikramullah, A. S. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36
Indrianto, N., & Rochma, I. N. (2020). Kolaborasi Antar Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Inklusi. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 165–175. https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a6.2020
Intifadha, R. N., & Tuasikal, A. R. S. (2017). Survei Proses Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 371–377.
Jazuli, M. K. (2020). Implementasi Kurikulum Pendidikan Inklusi di Sd Negeri Gejayan. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(5), 497–506. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/17543
Kurniawan, I. (2015). Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tuna Netra di Sekolah Dasar Inklusi. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 04, 1044–1060. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/77/0
Lukitasari, S. W., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121–134. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p121-134
Mardani, Sulistia, H. B. (2020). Identifikasi Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Universitas Jambi, 1–9. https://repository.unja.ac.id/13961/
Mardiana, A. K. (2021). Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 1–5. https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/304022469_Peningkatan_Kemampuan_Penalaran_Matematis_Siswa_Menggunakan_Pendekatan_Pendidikan_Matematika_Realistik/links/5763a4e508ae192f513e458e.pdf
Mayya, Sa’ud, U. S., & Meirawan, D. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 108–117. https://doi.org/10.17509/jap.v26i1.19853
Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1181–1190. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176
Nabila, N. (2020). Analisis Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI, 5(2), 31–39. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3692
Perda Kota Serang, N. 7. (2011). Tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan.
Pergub Banten, N. 5. (2021). Pedoman Pemberian Insentif Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Sekolah Khusus yang Diselenggarakan oleh Masyarakat. 1–10.
Pergub Banten, N. P. 74 T. (2014). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Provinsi Banten.
Perwal. (2021). Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Penyandang Disabilitas.
Purnomo, E. (2016). Kebutuhan Guru Sekolah Dasar Inklusi Dalam Meningkatkan Kompetensi Melalui Media Video. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 95–109. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.88
Putri, Y., & Hamdan, S. R. (2021). Sikap dan Kompetensi Guru Pada Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 4(2), 138. https://doi.org/10.26740/inklusi.v4n2.p138-152
Rahmatika, N., Ratrianasari, D., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar International Islamic School (Intis) Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18596
Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2016). Penanaman Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 293–302.
Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Basicedu, 5(3), 1471–1478. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/941
Sari, C. N., & Hendriani, W. (2021). Hambatan Pendidikan Inklusi dan Bagaimana Mengatasinya: Telaah Kritis Sistematis Dari Berbagai Negara. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT), 9(1), 97–116. https://doi.org/10.22219/jipt.v9i1.14154
Septianisa, S., & Caninsti, R. (2016). Hubungan Self Efficacy Dengan Burnout Pada Guru di Sekolah Dasar Inklusi. Journal Psikogenesis, 4(1), 126–137. https://doi.org/10.24854/jps.v4i1.523
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Affandi, L. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2020). Analisis Kendala Guru di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 169–183. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704
Stiawati, titi; L. A. S. (2017). Implementasi Peraturan Gubernur Banten Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Provinsi Banten (Studi Pada Sekolah Inklusif Di Kota Serang).
Sucipto, S. A. (2017). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran IPS di Sekolah Yang Menerapkan Pendidikan Inklusi SMP Negeri 2 Sewon. Social Studies, 6(5), 558–572.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sunanto, J. (2016). Indeks Inklusi dalam Pembelajaran di Kelas yang Terdapat ABK di Sekolah Dasar. Riset: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 78–84.
Supena, A. (2017). Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 29(2), 145–155. https://doi.org/10.21009/parameter.292.03
Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920–928. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.513
Wati, E. (2014). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 32 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 368–378. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.508
Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120
Wijaya, S. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 33–42. https://doi.org/10.33751/pedagog.v3i2.1305
Wijaya, S. (2022). Implementation of the School Literacy Movement in Fostering Reading Interest in Elementary School Students. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2120
Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1108
Zakia, D. L. (2015). Guru Pembimbing Khusus (GPK): Pilar Pendidikan Inklusi. In Universitas Sebelas Maret Surakarta (Issue 1). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sastra Wijaya, Asep Supena, Yufiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work