Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4140Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi diantaranya adalah berpikir reflektif. Kemampuan berpikir sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, agar siswa mampu memahami konsep-konsep matematika yang mereka pelajari serta mampu menggunakan konsep-konsep tersebut dengan tepat, satu diantaranya adalah ketika siswa harus mencari solusi dari berbagai permasalahan matematika. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas XII SMA dalam menyelesaikan soal barisan dan deret. Subjek dari artikel ini adalah tiga siswa kelas XII MIPA di salah satu SMA yang ada di Kabupaten Karawang. Kemudian subjek dikategorikan berdasarkan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis maka digunakan tiga indikator, yaitu mendeskripsikan situasi atau masalah matematik, menginterpretasi, dan membuat kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh, yaitu pada mengidentifikasi situasi atau masalah matematik telah dikuasi oleh ketiga siswa dengan ketepatan dan kelengkapan yang berbeda-beda. Sedangkan pada menginterpretasi belum ada yang memenuhi satu siswa pun. Sementara pada membuat kesimpulan hanya dipenuhi oleh S-2.
Keywords:
Berpikir Reflektif , Barisan, DeretDownloads
References
Anita, & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 175–184.
Arikunto, S. (2006). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: PT Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (P. A. Smith, C. Robb, M. Buchholtz, & K. Mason (eds.); 4th ed.). Pearson.
Dewey, J. (1933). How We Think. D.C. Heath & Company.
Duwila, F., Afandi, A., & Abdullah, I. H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 246–259.
Ernawati, L. (2018). Analasis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masakah Teorema Phytagoras Dintinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kampak Tahun Ajaran 2017/2018 [IAIN Tulungagung].
Hajar, Y., Yanwar, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 79.
Hakim, D. L. (2017a). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa [Universitas Pendidikan Indonesia].
Hakim, D. L. (2017b). Penerapan Permainan Saldermath Algebra dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP di Karawang. JIPMat, 2(1).
Kholid, M. N., Telasih, S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2021). Reflective Thinking of Mathematics Prospective Teachers’ for Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1).
Komalasari, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Concept-Rich Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Skripsi Pendididkan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta.
Krulik, S., Rudnick, J. A., & Milou, E. (2003). Teaching Mathematics in Middle School: A Practical Guide. Allyn and Bacon.
Lailah, W. N., Abidin, Z., & Khairunnisa, G. F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Teori Bruner pada Materi Teorema Pythagoras Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo. 17(7).
Midawati, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Educatio, 8(3), 831–837.
Muin, A., Kusumah, Y. S., & Sumarmo, U. (2012). Mengidentikfikasi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Prosiding Konferensi Nasional Matematika. XVI IndoMS.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Puspita, R. M. (2022). Kesulitan Belajar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio, 8(4), 1286–1294.
Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 754–761.
Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika. Edupedia, 4(2): 162-171.
Riswadi, M. L., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Studi Kasus Rendahnya Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perkalian. Prosiding Sesiomadika. 116–124.
Rodgers, C. (2002). Defining reflection: Another look at John Dewey and reflective thinking. Teachers College Record, 104(4), 842–866.
Safitri, M., Casmudi, C., & Pratama, R. A. (2019). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas I, II & III di SD Negeri 009 Balikpapan Selatan. Kompetensi, 12(1), 34–43.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Syamsuddin, A. (2020). Identifikasi Kedalaman Berpikir Reflektif Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Taksonomi Berpikir Reflektif Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Elemen, 6(1), 128–145.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aditya Prayoga Oktora Putra, Dori Lukman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work