Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret

Authors

  • Aditya Prayoga Oktora Putra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4140

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi diantaranya adalah berpikir reflektif. Kemampuan berpikir sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, agar siswa mampu memahami konsep-konsep matematika yang mereka pelajari serta mampu menggunakan konsep-konsep tersebut dengan tepat, satu diantaranya adalah ketika siswa harus mencari solusi dari berbagai permasalahan matematika. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas XII SMA dalam menyelesaikan soal barisan dan deret. Subjek dari artikel ini adalah tiga siswa kelas XII MIPA di salah satu SMA yang ada di Kabupaten Karawang. Kemudian subjek dikategorikan berdasarkan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis maka digunakan tiga indikator, yaitu mendeskripsikan situasi atau masalah matematik, menginterpretasi, dan membuat kesimpulan. Adapun hasil yang diperoleh, yaitu pada mengidentifikasi situasi atau masalah matematik telah dikuasi oleh ketiga siswa dengan ketepatan dan kelengkapan yang berbeda-beda. Sedangkan pada menginterpretasi belum ada yang memenuhi satu siswa pun. Sementara pada membuat kesimpulan hanya dipenuhi oleh S-2.

Keywords:

Berpikir Reflektif , Barisan, Deret

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, & Hakim, D. L. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 175–184.

Arikunto, S. (2006). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: PT Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (P. A. Smith, C. Robb, M. Buchholtz, & K. Mason (eds.); 4th ed.). Pearson.

Dewey, J. (1933). How We Think. D.C. Heath & Company.

Duwila, F., Afandi, A., & Abdullah, I. H. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 246–259.

Ernawati, L. (2018). Analasis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masakah Teorema Phytagoras Dintinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Kampak Tahun Ajaran 2017/2018 [IAIN Tulungagung].

Hajar, Y., Yanwar, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 79.

Hakim, D. L. (2017a). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa [Universitas Pendidikan Indonesia].

Hakim, D. L. (2017b). Penerapan Permainan Saldermath Algebra dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP di Karawang. JIPMat, 2(1).

Kholid, M. N., Telasih, S., Pradana, L. N., & Maharani, S. (2021). Reflective Thinking of Mathematics Prospective Teachers’ for Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1).

Komalasari, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Concept-Rich Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Skripsi Pendididkan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta.

Krulik, S., Rudnick, J. A., & Milou, E. (2003). Teaching Mathematics in Middle School: A Practical Guide. Allyn and Bacon.

Lailah, W. N., Abidin, Z., & Khairunnisa, G. F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Teori Bruner pada Materi Teorema Pythagoras Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukorejo. 17(7).

Midawati, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Educatio, 8(3), 831–837.

Muin, A., Kusumah, Y. S., & Sumarmo, U. (2012). Mengidentikfikasi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Prosiding Konferensi Nasional Matematika. XVI IndoMS.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Puspita, R. M. (2022). Kesulitan Belajar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio, 8(4), 1286–1294.

Ramadhani, N. F., & Aini, I. N. (2019). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 754–761.

Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika. Edupedia, 4(2): 162-171.

Riswadi, M. L., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Studi Kasus Rendahnya Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Perkalian. Prosiding Sesiomadika. 116–124.

Rodgers, C. (2002). Defining reflection: Another look at John Dewey and reflective thinking. Teachers College Record, 104(4), 842–866.

Safitri, M., Casmudi, C., & Pratama, R. A. (2019). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas I, II & III di SD Negeri 009 Balikpapan Selatan. Kompetensi, 12(1), 34–43.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Syamsuddin, A. (2020). Identifikasi Kedalaman Berpikir Reflektif Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Taksonomi Berpikir Reflektif Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Elemen, 6(1), 128–145.

Downloads

Abstract Views : 743
Downloads Count: 745

Published

2023-02-24

How to Cite

Putra, A. P. O., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 131–140. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4140

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.