Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4067Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yang dapat digunakan dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Proses pembelajaran yang tidak bervariasi menyebabkan siswa tidak tertarik dan merasa bosan dengan pelajaran bahasa Indoensia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Diponegoro 2 Jakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 31 anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif berupa data tes menulis teks berita. Sedangkan data kuantitatif berupa pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Diponegoro 2 Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari presentasi hasil tes tindakan siklus I yaitu dari 31 siswa mengikuti tes, sebesar 58% atau sebanyak 18 orang siswa yang mendapat nilai ≥70. Sedangkan hasil tes tindakan pada siklus II dengan presentase 90% atau sebanyak 28 siswa mendapat nilai ≥ 70, sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus II karena indikator keberhasilan penelitian telah tercapai yaitu 85%.
Keywords:
Writing Skill, audio visual mediaDownloads
References
Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385
Anita Trisiana, D. A. K. E. W. &. (2019). Pentingnya komunikasi sosial budaya di era globalisasi dalam perspektif nilai pancasila. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.33061/glcz.v6i2.2551
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112
Arizal, J., Mardiati, M., & Jumiatik, J. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Video Youtube Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Karya Kartini. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 18(2). https://doi.org/10.37755/jsbi.v18i2.457
Asadi, F., & Berimani, S. (2015). The effect of audio-visual materials on Iranian second grade high school students’ language achievement. International Journal of Language and Linguistics, 3(2), 69-75.
Azizah, I. N. (2016). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD. Basic EducatioN, 5(24), 2-313.
Buntari, S. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Gombong Tahun Pembelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, PBSI-FKIP).
Dias, A. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Media Power Point Interaktif pada Siswa SD Kelas II SDN 1 Teras Kec. Teras Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53777
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4).
Harahap, R. S. D. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita melalui Model Kooperatif Tipe TTW ( Think Talk Write ) dengan Media Video Peristiwa pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan T.A 2016/2017. Jurnal Education and Development, 7(4).
Hartidini, S., Syahrul, R., & Ratna, E. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lengayang kabupaten pesisir selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 63-69.
Hendra, T., & Siti Saputri. (2020). Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(1). https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i1.21
Hidayat, P., Sudiana, I. N., & Tantri, A. A. S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Berita Detik Finance dan Detik News. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.36926
Kausar, G. (2013). Students' Perspective of the Use of Audio visual Aids in Pakistan. International Proceedings of Economics Development and Research, 68, 11.
Lestari, N., Mardyansyah Simbolon, M. E., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231
Marlina S, H., T, S., & Saleh L, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Penggunaan Media Video Pada Siswa SMP. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 95–108. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i1.5081
Mulyani, R., & Syahrul, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 374-382.
Nuraini, P. (2018). Media Pembelajaran Srapbook Pada Himpaudi Magelang Utara. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.993
Oktaviani, M., & Rasyid, Y. (2019). Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii Smp Pembangunan Laboratorium UNP. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 129. https://doi.org/10.24036/103927-019883
Padmawati, K. D., Arini, N. W., & Yudiana, K. (2019). Analisis keterampilan berbicara siswa kelas v pada mata pelajaran bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i2.18626
Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459
Purba, H. M., Maulina, I., & Hutapea, B. (2021). Teknik 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) Dalam Menulis Teks Berita. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(01). https://doi.org/10.47709/jbsi.v1i01.1223
Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita Dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883
Rakna Fahreza, W. (2020). Komunikasi adalah Proses Penyampaian Makna pada Orang Lain, Ini Tujuan dan Fungsinya | merdeka.com. Merdeka.Com, September.
Ramadhani, T., & Asri, Y. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Berita Dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Solok. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 430. https://doi.org/10.24036/108230-019883
Rifmasari, R. Y., Zein, Z. R., & ... (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. In … Anak Usia Dini. repository.adzkia.ac.id. https://repository.adzkia.ac.id/id/eprint/15/1/1665-10319-4-PB.pdf
Sanjaya, W.. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana Prenada media Grup.
Suhardi, S., Walim, W., Priyandaru, H., Prabowo, W., & Priatmojo, H. (2021). The Implementasi Information Retrieval System Untuk Klasifikasi Berita Offline Di Indonesia Menggunakan Metode Extended Boolean. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1). https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.951
Sujinah. (2020). Indonesian Learning Challenges and Solutions in the Covid-19 Era. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2).
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2).
Sukraningsih, J. (2021). Penggunaan Film Dokumenter Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Ips Sejarah Di Smp Ketapang. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 5(1). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v5i1.48735
Suriani, M. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 5 Tanjung Redeb Melalui Pembelajaran Teknik Takesi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20262
Suwarti, I., Pujihastuti, E., & Nugroho, B. A. P. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Metode Mind Mapping Dan Media Video. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 12. https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4330
Syukhria, R. (2021). Aplikasi Inshot Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v21i1.33749
Usman, H., & Anwar, M. (2020). Pelatihan Multimedia Virtual Interaktif Berbasis Teks Deskripsi Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Di Kepulauan Seribu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/20023
Usman, H., Maksum, A., & Sutisna, A. (2020). Whole language approach; Teaching English language for primary students. In Journal of Xi’an University of …. xajzkjdx.cn. http://xajzkjdx.cn/gallery/208-feb2020.pdf
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yogi Prasetyo, Herlina Usman, Muhammad Rasyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work