Peran Youtube Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Kemampuan Speaking
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4044Abstract
Bahasa Inggris berperan terhadap perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang dapat membantu siswa dalam hal penguasaan bahasa inggris. Dalam penguasaan bahasa inggris terutama kemampuan speaking ada beberapa kendala yang dihadapi siswa yakni, kurangnya kosakata, tata bahasa, kurangnya rasa kepercayaan diri dikarenakan pengucapan yang tidak jelas serta media ajar yang tidak menarik. Oleh karena itu tujuan penulisan ini untuk menyadarkan siswa maupun guru akan manfaat dari media sosial youtube sebagai media untuk melatih kemampuan speaking sehingga pembelajaran dikelas lebih menyenangkan. Penulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mengkaji beberapa artikel hasil penelitian yang sudah terpublikasi serta di dukung oleh beberapa buku untuk dianalisis serta dibuat kesimpulan. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa media Youtube terhadap motivasi belajar siswa pada kemampuan speaking dapat menjadi solusi dari beberapa kendala yang ditemui dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan media youtube dapat memotivasi siswa dalam penguasaan bahasa serta video pembelajarannya dapat di akses di mana saja dan kapan saja. Dengan demikian, perlunya kesiapan guru serta siswa dalam menghadapi era perkembangan teknologi serta mampu memanfaatkannya.
Keywords:
Youtube, Motivasi Belajar, Kemampuan SpeakingDownloads
References
Albahlal, F, S. (2019). The Impact of YouTube on Improving Secondary School Students’ Speaking Skills: English Language Teachers’ Perspectives. Journal of Applied Linguistics and Language Research, 6(2), 1-17.
Ardiansyah, A, A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47-56.
Bano. M., Zowghia. D., Kearney. M., Schuck. S., & Aubusson. P. (2018). Mobile Learning for Science and Mathematics School Education: A systematic review of empirical evidence. Computers & Education,121 (2018) 30–58.
Gita, L., & Haryono, C. G. (2019). Komodifikasi Sensualitas dalam Tayangan Kimi Hime di Media Sosial Youtube. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1). doi:10.30813/s:jk.v13i1.1791.
Idzhar, Ahmad. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.
Kamhar, M, Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.
Karpovich, I., Sheredekina, O., Krepkaia, T., & Voronova, L. (2021). The Use of Monologue Speaking Tasks to Improve First-Year Students’ English-Speaking Skills. Education Sciences, 11(6), 298; https://doi.org/10.3390/educsci11060298
Martono, K.T.,& Nurhayati, O.D (2014). Implementation Of Android Based MobileLearning Application As A Flexible Learning Media. Ijcsi International Journal Of Computer Science Issues, Vol. 11, Issue 3, No 1.
Meinawati, E., Rahmah, N, A., Harmoko, D, D., & Dewi, N. (2020). Increasing English Speaking Skills Through Youtube. Polyglot: Jurnal Ilmiah, Vol 16, No 1, DOI: dx.doi.org/10.19166/pji.v16i1.1954.
Nurhakim, S., Sasmayunita, A. T., & Sri Wahyuni, S. S. (2021). Speaking Students’ Improvement through Critical Thinking Concepts and Youtube Media. Psychology and Education Journal, 58(2), 9042-9049.
Pilgrim, J., & Bledsoe, C. 2011. Learning through Facebook: A potential tool for educators. Delta Kappa Gamma Bulletin, 78(1): 38-42.
Prasetyo, Y.D., Yektyastuti, R., Dkk. . (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 252-258.
Rao, P, S. (2019). The Importance Of Speaking Skills In English Classrooms. Alford Council of International English & Literature Journal, 2(2), 6-18.
Rochaendi, E., Akib, S., Hidayat, Y, N., Albertus, F., Ahmad, M., Andika, M., Satory, A., Bagenda, C., Fauziah, M., Darmawan, I & Rahman, A. (2022). Sosiologi dalam aspek kehidupan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Rosyid, M, Z., Mustajab., & Abdullah, A, R. (2019). Prestasi Belajar. Malang : Cv Literasi Nusantara Abadi.
Saed, H, A., Haider, A, S., Al-Salman, S., & Hussein, R, F. (2021). The Use of YouTube in Developing the Speaking Skills of Jordanian EFL University Students. Heliyon, https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07543
Samosir, F.T. dkk. 2018. Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (studi di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahyuni, A., & Utami, A, R. (2021). The Use Of Youtube Video In Encouraging Speaking Skill. Pustakailmu.id, 7(3), 1-9.
Zydney, J.M., & Warner, Z (2016). Mobile Apps for Science Learning: Review of research. Elsevier Computers & Education, 94 (2016) 1-17.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mika Andika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work