Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game mobile legends terhadap pola interaksi sosial siswa sekolah dasar dengan menggunakan 4 sampel yaitu siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2022 di SDN Karang Anyar 06 Petang yang berlokasi di Jalan. B III Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Kelurahan Karang Anyar. Kota Jakarta Pusat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dampak negatif dari siswa yang senang memainkan game mobile legends terhadap pola interaksi sosial ialah siswa mengalami gangguan terhadap pola interaksi sosial, dan siswa menjadi mudah dan lebih sering terpancing emosi, siswa tidak dapat mengkontrol emosionalnya, siswa juga jadi melupakan waktu dan ibadahnya serta melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Selain itu, siswa lebih individualis dan pemilih sehingga pada saat belajar di sekolah siswa lebih memilih teman yang sama-sama bermain game mobile legends dan pada saat di rumah siswa menjadi malas belajar. Sedangkan dampak positif dari senang memainkan game mobile legends ialah siswa menjadi lebih pintar dalam menggunakan teknologi digital, siswa akan memiliki kerjasama yang baik sesama teman pada saat belajar, siswa dapat memperbaharui kosakata yang baru, serta kemampuan bersosialisasi dalam dunia digital meningkat.
Keywords:
dampak mobile legends, pola interaksi sosialDownloads
References
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.
Andayani, T., Febryani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi (Simanjuntak . HP Daniel (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Sosiologi/umLLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68
Anto, P., & Anita, T. (2019). Tembang Macapat sebagai Penunjang Pendidikan Karakter. Deiksis, 11(01), 77. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3221
Chan, A. S., Fachrizal, F., & Lubis, A. R. (2020). Outcome Prediction Using Naïve Bayes Algorithm in the Selection of Role Hero Mobile Legend. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012041
Faza, A. W., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 534-541. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4344
Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. B. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan. CV. AE MEDIA GRAFIKA. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=2H-WDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=andri+kustiawan+arif&ots=GehbqDdC1A&sig=UJvoCxoovfdJcTIYM1zZfY_jAG4&redir_esc=y#v=onepage&q=andri kustiawan arif&f=false
Mar’ie, F., & Fahyuni, E. F. (2021). Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(2), 42. https://doi.org/10.24235/oasis.v5i2.7700
Marsal, A., Hidayati, F., Studi, P., Informasi, S., & Manajemen, P. S. (2017). Pengaruh Smartphon Dengan Interaksi Sosial. Jurnal Ilmiyah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 78–84.
Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 103–118. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.575
Mawalia, K. Al, Informasi, P., & Airlangga, U. (2020). The impact of the Mobile legends game in creating virtual reality. 12(02), 49–61.
Munawar, L. (n.d.). Jadi Gim Terpopuler, Ini 6 Alasan Mobile legends Disukai Banyak Orang. Retrieved February 28, 2022, from https://m.liputan6.com/citizen6/read/3492015/jadi-gim-terpopuler-ini-6-alasan-mobile-legend-disukai-banyak-orang?
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2520
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Riska & Budiyono, W. K. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/16
Saputra, P. (2019). Kemampuan Kontrol Diri Remaja Pecandu Game Mobile Legends di kelurahan Kebun Beler Kota Bengkulu. 8(5), 55.
Saputra, R. A. D. (2021). Interaksi Sosial Pada Remaja Kecanduan Game Online Di Desa Singosaren. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.21154/rosyada.v2i2.3536
Siti, M. (2017). Perubahan Zaman( Studi Fenomenologi Masyarakat Islam Modern ). Nusantara Palapa STIT Palapa Nusantara Lombok-NTB, 5(2), 174–195.
Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern (Meita (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online (S. Y. Wardani (ed.)).
Ulum, B. (2018). Games “Mobile legends Bang Bang” Di Kalangan Mahasiswa Uin Sunan Ampel Seurabaya Dalam Tinjauan “One Dimensional Man” Herbert Marcuse. Community Engagement & Emergence Journal, 1(1), 1–82.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aulia Tri Utami, Desvian Bandarsyah, Sulaeman Sulaeman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work