Penggunaan Media Film Animasi Kartun Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Studi Tentang Keterampilan Menyimak Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2664Abstract
Menyimak merupakan sebuah persyaratan mutlak dalam menguasai sebuah informasi, terlebih dalam ilmu pengetahuan harus diawali dengan kesediaan menyimak secara bersungguh-sungguh. Tetapi pada kenyataannya tingkat kesedian dan minat siswa dalam menyimak belum maksimal, hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran menyimak khususnya menyimak sebuah cerita guru belum optimal dalam memanfaatkan media pembelajaran. Solusi yang dibuat dari permasalah tersebut adalah dengan menerapkan media pembelajaran berbasis film animasi kartun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media film animasi kartun terhadap keterampilan menyimak cerita siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif quasi eksperimen dengan instrumen penelitian soal pilihan ganda berbasis LOTS dan HOTS. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mampang 3 Depok yang tediri dari 30 siswa kelas IV B dan 30 siswa kelas IV C. Kelompok eksperimen adalah kelas IV C dan kelompok kontrol adalah kelas IV B. Analisis data mengunakan uji perbedaan rata-rata dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil menyimak siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol meningkat setelah diberikan perlakuan. Namun nilai rata-rata menyimak siswa dengan menggunakan media film animasi kartun lebih baik dibandingkan dengan rata-rata menyimak siswa dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media film animasi kartun efektif dan berpengaruh dalam keterampilan menyimak siswa di sekolah dasar.
Keywords:
Media Film Animasi, Keterampilan Menyimak, Sekolah DasarDownloads
References
Ahmad, A., Hajar, S., & Almu, F. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual Siswa Kelas VI SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.44
Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 2, 116–126.
Azis, S. F., Djuko, R., & Jamin, N. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi “Riko The Series” Terhadap Partisipasi Belajar Anak. Student Journal Of Early Childhood Education, 1(1), 51–59.
Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa Dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(March), 97–104. https://link-springer-com.proxy.libraries.uc.edu/content/pdf/10.1007%2F978-3-642-19199-2.pdf
Hambali, S., Akib, E., & Azis, S. A. (2020). Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se- Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 182–191. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmarta, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Hasanah, N., Ishartiwi, I., & Hayati, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Menggunakan Media Bulletin Board pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 124–133. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1486
Hidayah, A. (2017). Pengembangan Model TIL (The Information Literacy) Tipe The Big6 dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4, 623–635.
Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal dan Campuran. Journal Of Teaching In Elementary Education, 3(1), 46–53.
Rahman, P. D. H. R., Widya, R. N., & Yugatiati, R. (2019). Menyimak dan Berbicara. Alqaprint Jatinangor.
Sanusi, A. (2019). Peningkatan Hasil Pembelajaran Menyimak dengan Teknik Identifikasi Kata Kunci. Jurnal Membaca Bahasa & Sastra Indonesia, 4(1), 2–8.
Saputra, N., Ariyanti, L., Kosilah, K., & Saputra, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Melalui Media Film Animasi Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 10–27.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). ALFABETA.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1 129
Suranti, Purwanto, W. E., Isdiyanti, S., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Bahasa Indonesia Keterampilan Menyimak Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SD Juara Tahun 2020 Tema Berbagai Pekerjaan. Eprints Uad, 167–176.
Tarigan, P. D. H. G. (2015). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV. Angkasa.
Ula, W. R. R., & Nugraha, Y. A. (2020). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 7(2), 118–125.
Winarno, R. A., & Yermiandhoko, Y. (2018). Pemanfaatan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6, 881–893.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenamedia Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Andini Dwi Oktavia, Abdul Rahman Jupri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work