Hubungan Antara Motivasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Saat Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2521Abstract
Penelitian ini ingin mengetahui bagai mana hubungan antara motivasi dengan indikator senang mengeksplorasi dan memecahkan masalah terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan fisika. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel terdiri dari siswa kelas IX.2 SMP salah satu Sekolah di Batang Hari yang berjumlah 29 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari angket motivasi dan soal kemampuan pemecahan masalah fisika, Angket yang diberkaitan berkaitan dengan indikator senang mengeksplorasi dan memecahkan masalah, dan soal tes kemampaun pemecahan masalah terdiri dari 10 soal uraian yang telah di validasi. Data yang diperoleh setelah proses penelitian berupa data skor motivasi dengan indikator senang mengeksplorasi dan memecahkan masalah dan data skor dari soal tes kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi sangat tinggi dengan indikator senang mengeksplorasi dan memecahkan masalah dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah fisika dengan benar sesuai dengan ururtan pemecahan masalah soal fisika. Siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan indikator senang mengeksplorasi dan memecahkan masalah hanya dapat menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah fisika sampai tahap penggunaan persamaan yang telah ditentukan tetapi tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Sedangkan siswa yang memiki motivasi sedang dengan indikator senang mengeksplorasi dan memecahkan masalah IPA–Fisika hanya dapat mengerjakan soal yang diberikan sampai tahap menentukan persamaan yang digunakan tetapi tidak dapat melanjutkan hingga penyelesaian soal dengan baik dan benar.
Keywords:
Motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika, FisikaDownloads
References
Amalia, R., & Sitompul, S. S. (2022). Analisis kesulitan peserta didik dalam penyelesaian soal hots tentang dinamika rotasi pada kelas xi. Jurnal Pendididkan Dan Pembeljaran, 1–8. https://doi.org/DOI httpdx.doi.org10.26418jppk.v11i2.52811
Apriyani, F., & Imami,A.I.(2022).Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMK Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Educatio, 8(1), 236–246.
Arjuna Yahdil Fauza Rambe,L.D.A.(2020).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. Axiom: Jurnal Pendidikan & Matematika, 09(2), 175–187.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303.
Cahyani, A., Listiana, I.., Puteri, S., Larasati, D.(2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973
Hasanah, F. J., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 8(1), 247–255. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1959
Lasiani,A, R. (2017). Pola pemecahan masalah berdasarkan representasi siswa dalam membangun pemahaman konsep fisika. Physics Communication, 1(1), 1–7.
Lidia Lomu. Sri Adi Widodo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745–751.
Mustofa, M., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R.(2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151.
Palittin, I. D. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109.
Putra R Sitiatava. (2013).Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Diva Press.
Riduwan. (2015). Belajar mudah penelitian untuk Guru-kariyawan dan peneliti pemula. Alfabeta.
Riyanto, Y.(2010). Paradigma Baru Dalam Pembelajran. Kencana.
Syachtiyani,W. R., Trisnawati, N.(2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(April), 90–101.
Sugiyono, (2012). Metodologi Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, R&D.Alfabeta.
Suparno & Paul. (2013)..Metodologi pembelajaran fisika konstruktivisme & Menyenangkan. Universitas sanata dharma.
Trianto. (2010).Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Prestasi Pusat Publisher
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1), 90–96.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abd. Rahim, Nanang Nopriadi, Dila Oktariani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work