Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968Abstract
Kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan siswa saat mempertimbangkan masalah serta memutuskan sebuah keputusan sehingga dapat memecahkan sebuah masalah. Tujuan penelitian ini guna menganalisis kemampuan berpikir matematis siswa di materi pecahan. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif pendekatannya kualitatif. Penelitian ini menelaah atau menunjukan hasil jawaban siswa pada materi pecahan berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pelaksanaan penelitian pada kelas VII di SMP Negeri 1 Tirtamulya, dengan pemilihan sampel secara acak yaitu 20 siswa dari kelas VII – A. Penelitian ini mempergunakan instrument soal meliputi 2 soal uraian materi pecahan. Analisis tersebut dilakukan terhadap jawaban siswa sesuai indikator instrument soal. Penelitian menghasilkan berdasarkan setiap indikator sesuai persentase kategori kemampuan berpikir kritis, diketahui 100% siswa mampu menginterpretasikan dengan tepat, 50% siswa dapat membuat model matematika, lalu terdapat 15% siswa yang mampu menggunakan strategi dalam perhitungan dan secara tepat waktu menyelesaikan soal, serta 15 siswa mampu menyimpulkan dengan tepat. Oleh karena itu, siswa masih banyak siswa yang berkemampuan berpikir kritis rendah
Keywords:
Analisis, Berpikir Kritis, PecahanDownloads
References
Ayubi, I. I. Al, Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360
Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 371. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p371-378
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities i.
Facione, P.A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons and The California Academic Press.
Facione, Peter A. (1992). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.
Filsaime, D. (2008). Menguak Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif. Diterjemahkan oleh Sunarni ME. Buku Berkualitas Prima.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.106
Ismamuza, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 63, 33–37. https://doi.org/10.11113/jt.v63.2002
Karim, A., Muchtar, & Dkk. (1996). Buku Pendidikan Matematika. Depdikbud.
Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 1(3), 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.109
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pertiwi, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik SMK pada materi matriks. Jurnal Pendidikan Tamnusai, 2(4), 793–801. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.29
Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471
Puspendik. (2019). Capaian Nilai Ujian Nasional Sma Tahun Ajaran 2018-2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_wilayah!02&19&999!T&03&T&T&1&!3!&
Sari, A. C., Ilmiyah, N., & Lestari, I. Y. (2021). Analisis Berpikir Kritis Pada Masa Pandemi (Covid-19) Ditinjau Dari Gender. Journal of Mathematics Education and Science, 4(2), 91–100. https://doi.org/10.32665/james.v4i2.246
Septiana, R., Febriarini, Y. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Journal of Honai Math, 2(6), 393–400. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i2.68
Shara, J., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Fungsi Kuadrat. Journal On Education, 1(2), 450–456. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.95
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2082
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 89–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9436
Ulva, E. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri Pada Materi Sistwm Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(5), 944–952. https://doi.org/10.31004/jptam
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work