Nilai Karakter Mandiri Tokoh Dalam Novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi: Sebuah Pendekatan Pragmatik Sastra
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1844Abstract
Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk (1) menguraikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti, (2) dan nilai mandiri yang terdapat dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti, (3) mendeskripsikan pemanfaatan novel sebagai materi ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah identitas novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti dan objek penelitian yaitu unsur intrinsik dan nilai mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan sebagai (1) unsur intrinsik dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti, meliputi tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat, (2) nilai mandiri yang terdapat dalam novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti meliputi, nilai kemandirian emosi, nilai kemandirian ekonomi, nilai kemandirian intelektual, dan nilai kemandirian sosial, (3) hasil analisis novel Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi Karya Marliana Kuswanti dijadikan materi ajar dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mengenai analisis unsur instrinsik dan kaidah teks novel.
Keywords:
novel, unsur intrinsik, nilai mandiriDownloads
References
Endaswara, S. (2003). Membaca,Menulis,Mengajar Sastra: Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Kota Kembang.
Esten, M. (1987). Kesusastraan (Pengantar Teori dan Sejarah). Bandung: Angkasa.
Kemendiknas. (2010). Rencana Aksi Pendidikan Nasional Pendidikan Karakter. Jakarta.
Kuswanti, M. (2017). Sepasang Angsa Putih Untuk Palupi. Jakarta: Bhuana Sastra.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mudlofar, A. (2012). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Guruan dan Bahan Ajar Dalam Guruan Islam. Jakarta: Rajawali Pres.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ratna, N. (2015). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Satra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton (Edisi Terjemahan oleh Sugihastuti dan Rossi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Vismaia, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work