Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Kemampuan Menentukan Lama Waktu suatu Kejadian Menggunakan Metode Demonstrasi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1306Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan metode demonstrasi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 04 Matan Hilir Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa kelas III SDN 174582 Sitapongan Tapanuli Selatan. Langkah-langkah penelitian diimplementasikan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini yaitu hasil pengamatan guru dan aktivitas siswa. Alat pengumpul data lembar pengamatan dan LKS. Hasil penelitian yaitu (1) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran sebesar 19,64% kategori rendah. (2) Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 25% kategori sedang. (3) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa sebesar 14,29% kategori rendah. (4) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mental siswa sebesar 3,25 (23,21%) kategori sedang. (5) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa yaitu sebesar 3,3 (23,57%) kategori sedang.
Keywords:
Metode, Demonstrasi, Lama Waktu, MatematikaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work