Dongeng Edukasi Palestina : Membangun Karakter Empati dan Toleransi Peserta Didik di SDN Kenongo 2 Tulangan

Authors

  • Masyithoh Faarisatul Haq Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo
  • Zuyyina Fihayati Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12689

Abstract

Kurikulum Merdeka berfokus pada pembentukan karakter peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya melalui proyek P5. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dongeng edukasi Palestina sebagai bagian dari proyek P5 guna membangun karakter empati dan toleransi peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik di SDN Kenongo 2 Tulangan. Data dikumpulkan melalui dua tahap, yaitu pretest sebelum diberi perlakuan/intervensi pembelajaran berbasis dongeng dan posttest setelah intervensi dilakukan kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji t berpasangan untuk membandingkan nilai rata-rata sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dongeng edukasi Palestina secara efektif meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan perdamaian. Peserta didik menunjukkan peningkatan dalam karakter empati dan toleransi yang terlihat dari kemampuan mereka dalam memahami kondisi anak-anak di Palestina serta sikap menghargai perbedaan dalam lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi isu global dalam pembelajaran melalui media dongeng dapat menjadi strategi yang efektif untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila.

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Dongeng Edukasi, Empati, Toleransi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Auliadi, A., Dewi, D. A., & Furnamasar, Y. F. (2021). Penguatan karakter toleransi sosial pada siswa SD melalui pembelajaran PKN. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2). https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.3209

Fikriyah, S., Mayasari, A., Arifudin, O., & Sabili Bandung, S. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DALAM MENYIKAPI BULLYING (Vol. 3, Issue 1).

Hidayat, L. N., Fauziyah, N. S., Febriana, V., Marini, A., & Yunus, M. (2024). PERANAN PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEKAAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, Vol. 7 No. 9.

Irawati, D. and I. A. M. and H. A. and A. B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan, 6, 1224–1238.

KBBI. (n.d.). Definisi Empati. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Retrieved October 16, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/empati

KBBI. (n.d.). Definisi Karakter. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Retrieved October 16, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter

KBBI. (n.d.). Definisi Toleransi. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Retrieved October 16, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/toleransi

Kurikulum Merdeka. (n.d.). Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Retrieved October 16, 2024, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Maulida, F., & Dermawan, H. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Issue 3).

Nisaurrasyidah, I. (2018). PROSES VISUALISASI BUKU DONGENG TIMUN MAS DENGAN TEKNIK POP-UP UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.24235/orasi.v9i1.2967

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020. (2020). 40–41.

Rani Rani, Septiani, D., & Syaf, A. (2019). Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.36341/psi.v3i1.1016

Surat Al Hujurat Ayat 10 . (n.d.). Qur’an Kemenag. Retrieved November 6, 2024, from https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/49?from=1&to=18

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 04 Nomor 01, 63–66. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p63—66

Downloads

Abstract Views : 62
Downloads Count: 36

Published

2025-03-26

How to Cite

Haq, M. F., & Fihayati, Z. (2025). Dongeng Edukasi Palestina : Membangun Karakter Empati dan Toleransi Peserta Didik di SDN Kenongo 2 Tulangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12689

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.