Dongeng Edukasi Palestina : Membangun Karakter Empati dan Toleransi Peserta Didik di SDN Kenongo 2 Tulangan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12689Abstract
Kurikulum Merdeka berfokus pada pembentukan karakter peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya melalui proyek P5. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dongeng edukasi Palestina sebagai bagian dari proyek P5 guna membangun karakter empati dan toleransi peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik di SDN Kenongo 2 Tulangan. Data dikumpulkan melalui dua tahap, yaitu pretest sebelum diberi perlakuan/intervensi pembelajaran berbasis dongeng dan posttest setelah intervensi dilakukan kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji t berpasangan untuk membandingkan nilai rata-rata sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dongeng edukasi Palestina secara efektif meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai kemanusiaan, keadilan, dan perdamaian. Peserta didik menunjukkan peningkatan dalam karakter empati dan toleransi yang terlihat dari kemampuan mereka dalam memahami kondisi anak-anak di Palestina serta sikap menghargai perbedaan dalam lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi isu global dalam pembelajaran melalui media dongeng dapat menjadi strategi yang efektif untuk membentuk karakter peserta didik sesuai dengan enam dimensi utama Profil Pelajar Pancasila.
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Dongeng Edukasi, Empati, ToleransiDownloads
References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Auliadi, A., Dewi, D. A., & Furnamasar, Y. F. (2021). Penguatan karakter toleransi sosial pada siswa SD melalui pembelajaran PKN. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2). https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.3209
Fikriyah, S., Mayasari, A., Arifudin, O., & Sabili Bandung, S. (2022). PERAN ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DALAM MENYIKAPI BULLYING (Vol. 3, Issue 1).
Hidayat, L. N., Fauziyah, N. S., Febriana, V., Marini, A., & Yunus, M. (2024). PERANAN PEMBELAJARAN IPS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEKAAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, Vol. 7 No. 9.
Irawati, D. and I. A. M. and H. A. and A. B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan, 6, 1224–1238.
KBBI. (n.d.). Definisi Empati. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Retrieved October 16, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/empati
KBBI. (n.d.). Definisi Karakter. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Retrieved October 16, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter
KBBI. (n.d.). Definisi Toleransi. Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Retrieved October 16, 2024, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/toleransi
Kurikulum Merdeka. (n.d.). Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Retrieved October 16, 2024, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Maulida, F., & Dermawan, H. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar (Issue 3).
Nisaurrasyidah, I. (2018). PROSES VISUALISASI BUKU DONGENG TIMUN MAS DENGAN TEKNIK POP-UP UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.24235/orasi.v9i1.2967
Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020. (2020). 40–41.
Rani Rani, Septiani, D., & Syaf, A. (2019). Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 3(1). https://doi.org/10.36341/psi.v3i1.1016
Surat Al Hujurat Ayat 10 . (n.d.). Qur’an Kemenag. Retrieved November 6, 2024, from https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/49?from=1&to=18
Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 04 Nomor 01, 63–66. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p63—66
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masyithoh Faarisatul Haq, Zuyyina Fihayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work