Pengaruh Berpikir Kritis dan Kebiasan Belajar Terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1219Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel responden siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri Sub Rayon 05 Kabupaten OKU Timur yang terdiri dari 3 sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analis, meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji autokorelasi, dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian ini menununjukan bahwa terdapat pengaruh positif kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh positif antara kemampuan berpikiri kritis dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar, serta diperoleh data koefisien determinasi ( R square) sebesar 0,617, dalam hal ini bermakna bahwa variabel hasil belajar matematika (Y) di pengaruhi oleh kedua variabel bebasnya yaitu berpikir kritis (X1) dan Variabel Kebiasaan Belajar (X2) secara simultan (bersama – sama) sebesar 61,7% pada kelas XII MIPA di SMA Negeri Sub Rayon 05 OKU Timur.
Keywords:
Kemampuan berpikir kritis, kebiasaan belajar, hasil belajarDownloads
References
Amin, A., & Suadirman, S. P. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajara dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4, 12–19. Diambil dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe
Andrie, S., Novi, R. A., & Saputri, S. D. (2019). Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Ekuitas Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 117–121. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Angelica, D. (2009). Prilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Anni, C. T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: PT. Unnes Press.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BPPB, & Indonesia, K. P. dan K. R. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Diambil dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Kebiasaan
Choiriyah, E. H. (2018). Peningkatkan kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Materi Program Linear Melalui Model Pembelajaran Kontura Pada Siswa Kelas XI IIA MAN Karanggede. Jurnal Edukasi Matematika, 1086–1094.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Faradila, R., Fauzi, & Vitoria, L. (2017). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 3 Banda Aceh. Journal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 119–126. Diambil dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/7738/3351
Febriana dan Aspin dan Alber Tigor Arifyanto. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kebiasaan Belajar Buruk Siswa Di Smp Negeri 1 Unaaha. Jurnal Bening, 2, 101–112. Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/bening/article/download/10646/7486
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hanik, N. R., & Harsono, S. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi tumbuhan melalui model pembelajaran Komparasi yang berbasis Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 7(2), 25–31. Diambil dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/download/17687/15083
Hanum, Z. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton Di MAN 3 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri AR-Raniry. Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13453/
Hassoubah, Z. I. (2007). Mengasah Pikiran Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa.
Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical thinking skill: Konsep dan indikator penilaian, 01(02). https://doi.org/dx.doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945
Kadir. (2019). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Dengan Program SPSS/Lisrel Dalam Penelitian (3 ed.). Depok: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Khafid, M., & Suroso. (2007). Fakultas ekonomi unnes. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2), 165–184. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/60921-ID-pengaruh-disiplin-belajar-dan-lingkungan.pdf
Kurniati, R., & Astuti, M. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 1–18.
Kustanto, F. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 2(2), 63–76. Diambil dari http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/download/465/444/
Lombu’u, R., Ali, M. S., & Helmi. (2019). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Sma Negeri 2 Gowa. Universitas Negeri Makasar. Diambil dari http://eprints.unm.ac.id/14823/1/JURNAL.pdf
Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(03), 103–116. Diambil dari http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2753
Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Peluang, 4(2), 64–72. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123
Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Bandung: UPI Sumedang Press.
Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. In Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 2, hal. 758–766). https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Nurhayati. (2010). Pengaruh Sikap Dan Kebiasaan Tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(3), 247–254. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/234972-pengaruh-sikap-dan-kebiasaan-tehadap-has-b22977dd.pdf
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Pendidikan, P. P. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Diambil dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!sma!capaian!11&13&999!T&T&1&N&1&unbk!3!&
Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 1, hal. 742–750). https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648
Purwanto, N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rifa’i, Achmad, & Anni, C. T. (2009). Rifa’i. Semarang: UNNES PRESS. Diambil dari http://www.rangkumanpustaka.com/2017/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-hasil.html
Riyantono. (2010). Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2), 17–28. https://doi.org/10.17977/um017v21i22016p017
Santrock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan (3 ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1 ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publising.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Diambil dari http://lib.upmk.ac.id//index.php?p=show_detail&id=912
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sudjana, N. (2010). Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2011). Penilaian dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.
Sunarti, S. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 167–184. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6586
Widayanti, E. (2020). Potensi Pembelajaran Saintifik Bernuansa Etnosains Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 82. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i1.4352
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work