Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsapp dan Youtube
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121Abstract
Pendekatan pembelajaran melalui Media Sosial di Masa Pandemi diperlukan oleh Guru serta Anak Didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Objek penelitian ini berupa pembelajaran Kelompok A dengan anak didik usia 4-5 tahun PAUD TK Pertiwi 1 Gagaksipat mengggunakan media sosial berupa Whatsapp Group dan youtube sebagai sarana dan prasarana belajar selama masa Pandemi Covid-19. Hasil penelitian pada siklus 1 anak yang Belum Berkembang (BB) dengan presentase dan jumlah yang sudah mulai berkurang yaitu 12,5% atau 3 anak didik , Mulai Berkembang (MB) 41% adalah 10 anak didik , Bekembang Sangan Baik (BSB) 5 anak atau 20% dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 6 anak atau 25%. Pada siklus 2 dimana nilai anak Berkembang Sangat Baik (BSB) mencapai 70% atau 17 anak didik sedangakan 30% nya atau 7 anak didik telah mencapai prekembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Simpulan penelitian bahwa tindakan perbaikan kegiatan yang peneliti lakukan dapat meningkatkan prestasi belajar anak didik kelompok A TK Pertiwi 1 Gagaksipat proses perbaikan melalui pemanfaatan media sosial whatsap dan youtube di masa pembelajaran daring berhasil.
Keywords:
Daring, Pandemi, Media Sosial, Grup Whatsapp, YoutubeDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work