Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsapp dan Youtube

Authors

  • Annissa Ayu Setyaningrum TK Pertiwi 1 Gagaksipat Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121

Abstract

Pendekatan pembelajaran melalui Media Sosial di Masa Pandemi diperlukan oleh Guru serta Anak Didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Objek penelitian ini berupa pembelajaran Kelompok A dengan anak didik usia 4-5 tahun PAUD TK Pertiwi 1 Gagaksipat mengggunakan media sosial berupa Whatsapp Group dan youtube sebagai sarana dan prasarana belajar selama masa Pandemi Covid-19. Hasil penelitian pada siklus 1 anak yang Belum Berkembang (BB) dengan presentase dan jumlah yang sudah mulai berkurang yaitu 12,5% atau 3 anak didik , Mulai Berkembang (MB) 41% adalah 10 anak didik , Bekembang Sangan Baik (BSB) 5 anak atau 20% dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 6 anak atau 25%. Pada siklus 2 dimana nilai anak Berkembang Sangat Baik (BSB) mencapai 70% atau 17 anak didik sedangakan 30% nya atau 7 anak didik telah mencapai prekembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Simpulan penelitian bahwa tindakan perbaikan kegiatan yang peneliti lakukan dapat meningkatkan prestasi belajar anak didik kelompok A TK Pertiwi 1 Gagaksipat proses perbaikan melalui pemanfaatan media sosial whatsap dan youtube di masa pembelajaran daring berhasil.

Keywords:

Daring, Pandemi, Media Sosial, Grup Whatsapp, Youtube

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1188
Downloads Count: 1113

Published

2021-06-22

How to Cite

Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsapp dan Youtube . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 520–526. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.