Pengunaan Teknik Membaca Scanning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1091Abstract
Ada berbagai teknik membaca yang efektif salah satunya yakni Scanning. Scanning atau disebut juga dengan membaca-tatap atau memindai, merupakan teknik membaca cepat dan teliti. Jenis teknik membaca ini bertujuan untuk memperoleh fakta atau informasi tertentu. Berdasarkan hasil Obesrvasi, menunjukkan bahwa siswa kelas XII SMAN 1 Talaga dalam teknik membaca belum mengunakan teknik membaca efektif. Hal itu terbukti dari hasil uji kompetensi siswa yaitu 61% dari 36 siswa belum dapat nilai lebih dari 80. Adapun penyebab permasalahan pembelajaran belum menggunakan teknik pembelajaran membaca yang efektif. Penelitian ini bertujuan menggunakan teknik scanning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII SMAN 1 Talaga sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes uji kompetensi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan kuantitatif. Adapun hasil belajar membaca teknik scanning siswa memperoleh persentase hasil belajar 70% siswa memperoleh nilai lebih dari 80. Jadi, dapat disimpulkan dengan menerapkan teknik scanning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Talaga.
Keywords:
teknik scanning, hasil belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work