Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090Abstract
Ujian Nasional (UN) akan digantikan oleh Asesmen Nasional (AN) yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter dan survei lingkungan belajar. AKM meliputi asesmen literasi membaca dan asesmen numerasi. Kemampuan numerasi berhubungan dengan kemampuan menyelesaian masalah-masalah science. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan permasalahan science. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan dilakukan di MA Darul Ma’wa Plandirejo kecamatan Plumpang kabupaten Tuban. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes meliputi 3 indikator kemampuan numerasi. Permasalahan science yang digunakan merupakan permasalahan Biologi, Kimia dan Fisika. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa kelas XI MA Darul Ma’wa Plandirejo kecamatan Plumpang kabupaten Tuban masih rendah. Hal tersebut diketahui dari 61,90% siswa mendapatkan nilai di bawah 50. Persentase jawaban salah untuk 3 indikator adalah 64,76%; 48,57% dan 44,67%. Indikator yang mendapatkan jawaban benar paling sedikit yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Semua subjek penelitian memberikan jawaban salah untuk kecepatan gerak benda dan cermin cekung di indikator tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pembelajaran yang sesuai sehingga kemampuan numerasi siswa mengalami peningkatan.
Keywords:
AKM numerasi, permasalahan scienceDownloads
References
Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving Numeracy Education in Rural Schools: A Professional Development Approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129.
Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, Education and Human Development Journal, 5 (1), 32-42.
Maryuliana, Subroto, I. M. I. and Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert, Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1(2), 1–12.
Nusantari, E. (2018). Kajian Faktor Yang Mempengaruhi Retensi Siswa SMA (Analisis Hasil Penelitian Eksperimen dan PTK), Prosiding Seminar Nasional Universitas Gorontalo tahun 2018.
OECD. (2018). Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http://www.oecd.org/pisa), diakses 17 Februari 2021.
OECD. (2014). PISA 2014 Results: What Students Know and Can Do StudentPerformance in Mathematics, Reading and Science. Volume I. Paris: OECDPublishing.
Pusmenjar Kemdikbud. (2020). Asesmen kompetensi minimum. (Online) (https://www.youtube.com/watch?v=ukNxwCtGzZU), diakses 12 Maret 2021.
Yuanita, & Kurnia, F. (2019). Analisis Stem (Science, Technology, Engenering, And Mathematicss) Materi Kelistrikan Pada Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Sekolah Dasar, Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) tahun 2019.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work