Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Terhadap Whatsapp Grup Sebagai Media Pembelajaran di STKIP Muhammadiyah Manokwari
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1085Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa bahasa Indonesia terhadap whatsapp grup sebagai media pembelajaran dan mengetahui peran whatsApp grup sebagai media pembelajaran efektif. Dalam penelitian ini akan menggunakan pendekatan kualitatif denga tujuan untuk mengetahui kondisi yang sesungguhnya atau alami dari kejadian atau fenomena yang sedang terjadi. Metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi survei dengan menggunakan angket. Hasil penelitian persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran melalui whatsapp grup, dengan hasil persepsi dengan 75,7% dengan bunyi pertanyaan Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi melalui whatsapp grup, mahsiswa menyetujui pernyatan tersebut sehingga persepsi mereka baik dan setuju keltika perkuliahan dilakukan melalui daring. Semementara persepsi yang paling rendah terdapat pada pertanyan ‘tingkat pemahaman anda secara umum terhadap mata kuliah yang disajikan melalui whatsap gerup” dengan persentase 45,9% setuju. Jadi pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan melalui whatsapp grus berkategori sedang. Jadi proses pembelajaran melalui wahatsapp grup dapat dilakukan untuk mengefektifkan jumlah pertemuan selama perkuliahan.
Keywords:
persepsi, mahasiswa, whatsapp grup, efektifDownloads
References
Yusmita, dkk. 2018. “Pemanfaatan Whatsapp Messenger Sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi.ujs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/dwonload/5152/3844.
Paudy Akbar, 2015. “Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Volume 10 No 1 Februari 2015.
Novayanti dkk. 2017. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Tanaman Rakyat pada KPH Gedong Wani” Jurnal Hutan dan Masyarakat. Vol. 9 (2): 61-74, Desember 2017.
Nugraha, Ugi. 2013. “Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi” Jurnal Cerdas Sifa, Edisi 1 No.1. Maret–Juni 2015.
Sukrillah, dkk. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi” Jurnal Komunikation Volume 3 Nomor 2, Oktober 2017.
Primasari, Rosita, dkk. 2014. “Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan” EDUSAINS. Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 8 – 72.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work