Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Sagara Melalui Metode In House Training
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1016Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi pedagogik guru di SDN Sagara Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka melalui kegiatan In House Training. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Sagara Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam melakukan simulasi mengajar/tutor sebaya, sikap peserta selama kegiatan simulasi mengajar, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan melaksanakan proses belajar mengajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa In house Training dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SDN Sagara Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.
Keywords:
Kompetensi pedagogik, In House training, Guru SDDownloads
References
As’ad, M., Anita, E., & Yulianto, Y. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa SMK PGRI 11 Ciledug pada Kota Tangerang Banten. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1(2), 149-157.
Basori, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Supervisi Akademik Pendekatan Direct Instruction. Manajer Pendidikan, 10(2).
Corinorita, C. (2017). Pelaksanaan In House Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Di Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru, 3(1), 117-122.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.
Handayani, H. R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rpp Dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Teknik Iht (In House Training). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 32-36.
Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17-28.
Jayadipura, Y. (2018). In House Training untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Idaarah, 2(2), 260-268.
Jumiem, J., & Nasution, Z. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 27-39.
Karmizan, K. (2018). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran dengan Lesson Study di Kelas SD Negeri 001 Koto Peraku Kecamatan Cerenti. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(4), 608-618.
Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik Guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Seminar Nasional Pendidikan 2018.
Mandasari, J. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di SD Negeri 2 Fajar Indah Kabupaten Bangka Selatan. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 22-30.
Nugroho, P. J. (2017). Pengembangan Model Pelatihan Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Daerah Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 101-115.
Ramli, E. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Persepsi Kepala Sekolah Pada Sekolah Dasar Negeri Kota Solok. Economix, 4(2).
Rusnawati, R. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Siswapada SMAN 1 Leupung. Intelektualita, 3(2).
Setiawan, J., & Mustafidah, H. (2015). Fuzzy Inference System Untuk Menentukan Tingkat Kompetensi Guru Di Bidang Kualifikasi Akademik Dan Pengalaman Mengajar Berbasis Web. Sainteks, 12(2).
Shulthon, S. (2015). Konsep Guru Yang Menginspirasi Dan Demokratif. Elementary: Islamic Teacher Journal, 3(1).
Sopiah, S., & Herman, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(2), 285-292.
Suharsono, M. P. P. N., Tripalupi, M. P. D. L. E., & Widiawahyuni, N. P. E. S. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Guru dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 5401.
Sunita, I. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru Normatif dan Adaptif dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Pelaksanaan In House Training. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1), 16-24.
Syarifuddin, S. (2018). Guru Profesional: Dalam Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(1), 64-84.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work