Efektivitas Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan kemampuan Representasi Matematis Siswa

Penulis

  • Resmania Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Ricki Yuliardi Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15171

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuningan tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-G berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CAI berbantuan GeoGebra dan kelas VIII-K berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental bentuk desain Non-equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal uraian pretest-posttest, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji mann whitney u dan pengolahan angket.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) berbantuan GeoGebra efektif dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis ssiwa.

Kata Kunci:

Model Pembelajaran CAI, GeoGebra, Kemampuan Representasi Matematis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriatni, S., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan matematis peserta didik: Systematic literature review. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3059–3077. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1541

Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36. https://doi.org/10.31949/th.v2i1.571

Gustin, M., Aryani, I., Murni, R., Rahmi, R., Musriandi, R., Hasanah, H., & Irfan, A. (2024). Penggunaan media software GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8(2), 563–574. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i2.4559

Istofany, M. A. B., Negara, H. R. P., & Santosa, F. H. (2024). Analisis penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 28(1), Article 1. https://doi.org/10.31764/jua.v28i1.23325

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika (A. Anna, Ed.; 2nd ed.). Refika Aditama.

Maskar, S., & Dewi, P. S. (2020). Praktikalitas dan efektivitas bahan ajar kalkulus berbasis daring berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 888–899. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.326

Nurfitriyanti, M., Kusumawardani, R., & Lestari, I. (2020). Kemampuan representasi matematis peserta didik ditinjau dari penalaran matematis pada pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Gantang, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665

Nurillahwaty, E. (2021). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. (Tidak ada DOI tersedia)

Panjaitan, A., & Siregar, T. J. (2024). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis inkuiri berbantuan software GeoGebra. Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.26063

Riduwan. (2010). Belajar mudah penelitian (6th ed.; Akdon, Ed.). Alfabeta.

Simanjuntak, J. (2021). Perkembangan matematika dan pendidikan matematika di Indonesia. Sepren, 2(2), 32–39. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.512

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D (1st ed.). Alfabeta.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Yuliardi, R., & Andini, R. N. (2024). Efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi GeoGebra dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2463–2475. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.1020

Yuliardi, R., & Habibi, M. I. (2016). Implementasi pembelajaran berbasis komputer menggunakan software GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK di Kota Kuningan. JuMlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 201–211. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972

Unduhan

Abstract Views : 8
Downloads Count: 7

Diterbitkan

2025-08-09

Cara Mengutip

Resmania, & Yuliardi, R. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan kemampuan Representasi Matematis Siswa . Didactical Mathematics, 7(2), 389–400. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15171

Terbitan

Bagian

Articles