Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret

Penulis

  • Azin Taufik Universitas Kuningan
  • Mohamad Riyadi Universitas Kuningan
  • Gina Nurlaeli Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.14513

Abstrak

Proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dan kurang tersedianya bahan ajar merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan E-LKPD berbasis liveworksheets pada materi barisan dan deret yang valid, praktis, dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Prngrmbangan E-LKPD ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan (preliminary phase), fase pembuatan prototipe (prototipe phase), dan fase penilaian (assessment phase). Penelitian ini dilakukan di SMK Taufiq Mubarok dengan subjek yang digunakan yaitu sebanyak 16 peserta didik kelas X jurusan Layanan Perbankan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, lembar kepraktisan guru dan peserta didik, serta soal tes pemecahan masalah. E-LKPD ini divalidasi oleh dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Hasil validasi ahli materi dan media masing-masing diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 93,06% dan 90,18% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan guru dan peserta didik terhadap E-LKPD masing-masing diperoleh nilai rata-rata sebesar 96,43% dan 87,21% dengan kriteria kepraktisan sangat praktis. Hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,81 dengan kriteria peningkatan tinggi. Hasil akhir penelitian pengembangan diperoleh produk berupa E-LKPD berbasis liveworksheets pada materi barisan dan deret yang valid, praktis, dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Adapun saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan dapat melakukan proses pembelajaran dan E-LKPD yang dikembangkan diaplikasikan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci:

Barisan dan Deret Aritmatika, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Liveworksheet, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274

Cahya, N., & Siregar, B. H. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3229–3243. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2923

Conway, J. (2004). How to Solve It: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press.

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Validitas dan Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Negeri 3 Jombang.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores* †. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2085. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914

Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1141. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661

Ningrum, S. S., Siregar, B. H., & Panjaitan, M. (2023). Pengembangan LKPD Digital Interaktif dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 766–783. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1838

Prihantini, R., Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. In JES-MAT (Vol. 5, Issue 2).

Puspitasari, Azainil, & Basir Abd. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Mulawarman, 2, 2022. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm

Putri, A., Desi Iswara, A., & Rahman Hakim, A. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika.

Salim, F., Purwanto, A., & Lestari, I. (2024). Improving Students’ Science Problem Solving Ability through the Implementation of Problem Based Learning Models Assisted by Animation Media. International Journal of Elementary Education, 8(2), 269–278. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.76925

Silaban, A. M., Simbolon, K., & Lumbantoruan, J. H. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika. Brillo Journal, 1(2), 95–101. https://doi.org/10.56773/bj.v1i2.14

Taufik, A., & Adiastuty, N. (2017). Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Melibatkan Kecerdasan Majemuk Dengan Pendekatan Saintifik. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(1), 45. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i1.469

Triyani, R., Subhan Pamungkas, A., Hadi, C. A., & Santosa, F. (2024). Pengembangan e-lkpd matematika berbasis liveworksheet dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada siswa smp. 13(1).

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, D. A. (2022). Kevalidan dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan FlipHtml5 untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP/MTs pada Materi Koordinat Kartesius. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 5, Issue 3).

Yanti, Sumarni, & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Segiempat Melalui Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. In JES-MAT (Vol. 5, Issue 2).

Yustika, U. N., & Wahyuni, I. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 590. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n2.p590--603

Unduhan

Abstract Views : 15
Downloads Count: 8

Diterbitkan

2025-08-19

Cara Mengutip

Taufik, A., Mohamad Riyadi, & Nurlaeli, G. (2025). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret. Didactical Mathematics, 7(2), 452–464. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.14513

Terbitan

Bagian

Articles