Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning dalam Problem Based Learning

Penulis

  • Wirda Jamiatul Sholeha Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hayatun Nufus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.13314

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan analisis deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari self regulated learning dalam pembelajaran menggunakan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan desain sekuensial eksplanatori. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 02 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian untuk penelitian kuantitatif dipilih dengan menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen, kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan sampel penelitian untuk penelitian kualitatif dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket self regulated learning, lembar observasi, dan lembar wawancara. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji anova dua arah, sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan teori Huberman. Analisis hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan wawancara mengacu pada empat indikator. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa belajar dengan menggunakan model problem based learning dengan siswa belajar menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. 4) Siswa dengan kategori self regulated learning tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang. 5) Siswa dengan kategori self regulated learning sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang. 6) Siswa dengan kategori self regulated learning rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah.

Kata Kunci:

Berpikir Kreatif Matematis, Problem Based Learning, Self Regulated Learning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andianti, Triana, Sukirwan Sukirwan, dan Isna Rafianti. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Siswa Smp.” Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika 2 (1): 26–35. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i1.9574.

Aspianasari, Merisa, Laila Hayati, Ulfa Lu’luilmaknun, dan Muhamad Turmuzi. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Regulated Learning.” Journal of Classroom Action Research 5 (3). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index.

Astuti, Fitroh Puji, Destiniar, dan Yunika Lestaria Ningsih. 2023. “Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Statistika” Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 6 (1): 34–43.

Damayanti, Fina Putri, Isbadar Nursit, dan Yayan Eryk Setiawan. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Masaah Multiple Soluion Task Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Siswa Kelas VII-B Diponegoro Tumpang.” Jp3 17 (18): 1–14. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/17444.

Hadayana, Nur Irsa, Ade Mirza, Hamdani Hamdani, dan Revi Lestari Pasaribu. 2023. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Ditinjau Dari Self-Regulated Learning.” Jurnal Education and Development 11 (2): 438–43. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4487.

Kristiyani, Titik. 2016. Self regulated learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press, Yogyakarta.

Lesmanawati, Yunita., dkk. 2020. “Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (5): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Lusiana, Vina. 2023. “Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Matematis Siswa.” TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan 3 (1): 1–13. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2168.

Manasikana, Oktaffi Arinna. n.d. Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran Untuk Guru IPA SMP. Jombang: LPPM UNHASY TEBUIRENG, 2022.

Mauludin, Asep, dan Adi Nurjaman. 2022. “Analisis Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5 (2): 741–50. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228.

Novianti, Lisbet Sihombing, Ibnu Hajar, Hidayat, dan Sinaga Bornok. 2023. “Buku Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkann Keterampilan Berpikir Kreatif,” 1–23.

Rahmawati, Ambar, Muhtarom, dan Dewi Wulandari. 2023. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.” ARSEN : Jurnal Penelitian Pendididikan 1 (1): 29–38. https://doi.org/10.30822/arsen.v1i1.2465.

Rosito, Asina Christina. 2022. Self-Regulated Learning Tinjauan Psikologis Tentang Menjadi Pembelajar Mandiri. Eureka Media Aksara.

Saidah, Dwijanto, & Iwan J. 2020. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmu Pendidikan, no. 2012: 1042–45.

Selfiani, Selfiani, Tedy Machmud, Resmawan Resmawan, dan Yamin Ismail. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok.” Research in the Mathematical and Natural Sciences 1 (2): 30–36. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i2.66.

State, The. 2023. Pisa 2022. Pisa 2022. Vol. I. https://doi.org/10.31244/9783830998488.

Trisna Rukhmana. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii.” Edu Research 3 (2): 19–27. https://doi.org/10.47827/jer.v3i2.71.

Unduhan

Abstract Views : 19
Downloads Count: 23

Diterbitkan

2025-04-04

Cara Mengutip

Sholeha, W. J., & Hayatun Nufus. (2025). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning dalam Problem Based Learning. Didactical Mathematics, 7(1), 151–165. https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.13314

Terbitan

Bagian

Articles