Learning Obstacle Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Rasional dan Irasional
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.12439Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacles) yang dihadapi siswa kelas VII dalam memahami bilangan rasional dan irasional, serta menganalisis pengaruh kesiapan mental, metode pembelajaran, dan minat siswa terhadap pemahaman materi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan suatu kejadian atau fenomena yang dilakukan sesuai keadaan dilapangan tanpa adanya manipulatif untuk menjawab permasalahan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes dimanfaatkan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang menjadi fokus penelitian, sementara wawancara berfungsi untuk memperoleh informasi yang lebih rinci dan mendalam kepada responden. Instrumen tes yang digunakan berupa 5 soal uraian yang telah dilakukan uji validitas dan reabilitas. Sedangkan instrumen wawancara menggunakan teori learning obstacle yang fokus pada ontogenical, epistemology, dan didactical. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang memanfaatkan perangkat lunak Atlas.ti untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan karena kurangnya kesiapan mental, metode pengajaran yang kurang efektif, dan rendahnya minat belajar. Penelitian ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk mengatasi hambatan tersebut.
Kata Kunci:
Learning Obstacle; Rasional dan Irasional; Pembelajaran Matematika.Unduhan
Referensi
Aminah Rehalat and Zuhria Nurul ’ainy, ‘Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ekonomi Pada Kelas VII Di SMP Kartika Ambon’, Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14.1 (2023), 37–44 <https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12404>.
Adhi, Kusumastuti dan Ahmad Mustamil Khoiro. Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP), 2019. hlm. 9.
Arikunto, S. (2022). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang Hariyomurti, Sufyani Prabawanto, and Al Jupri, ‘Learning Obstacle Siswa Dalam Pembelajaran Barisan Dan Deret Aritmetika’, JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3.3 (2020), 283 <https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118>.
Cita Dwi Rosita and others, ‘Learning Obstacle Siswa Smp Pada Materi Lingkaran’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9.2 (2020), 467–79 <https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735>.
Diski Novianda, ‘Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacles) Dalam Pembelajaran Geometri: Literatur Review’, Jurnal Gantang, 6.2 (2022), 133–39 <https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.2866>.
Didit Aditya Ezza Adzani, ‘Konsepsi Siswa Tentang Bilangan Irasional Dalam Pembelajaran Matematika’, Jurnal Pendidikan MIPA, 5.1 (2022), 21–28.
Irman Said Prastyo and Hartono, ‘Jurnal Phenomenon’, Phenomenon, 10.1 (2020), 25–35.
J Ani, B Lumanauw, and J L A Tampenawas, ‘Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado’, 663 Jurnal EMBA, 9.2 (2021), 663–74.
Lexy, J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Ke-1, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014. hlm. 6.
Melinda Pangestika, Ryky Mandar Sary, and Husni Wakhyudin, ‘Learning Obstacle Pada Materi Statistika’, 7.4 (2019), 323–35 <https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i4.23697>.
Michael J. Zickar and Melissa G. Keith, ‘Innovations in Sampling: Improving the Appropriateness and Quality of Samples in Organizational Research’, Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 10 (2023), 315–37 <https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-120920-052946>.
Nelly Fitriani, Gida Kadarisma, and Risma Amelia, ‘Pengembangan Desain Didaktis Untuk Mengatasi Learning Obstacle Pada Materi Dimensi Tiga’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9.2 (2020), 231 <https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2686>.
Nadiatun Firda and Dadang Juandi, ‘Learning Obstacles Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Matematika’, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6.3 (2023), 1055–70.
Putri Hanina, Aiman Faiz, and Dewi Yuningsih, ‘Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi’, Jurnal Basicedu, 5.5 (2021), 3791–98 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402>.
Reza Gunawan, Nyiayu Fahriza Fuadiah, and Nora Surmilasari, ‘Learning Obstacle Pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sdn 02 Campang Tiga Ilir’, Jurnal Pedagogy, 8.2 (2022), 369–78.
Sendi Ramdhani, Didi Suryadi, and Sufyani Prabawanto, ‘Hambatan Belajar Matematika Di Pondok Pesantren’, Jurnal Analisa, 7.1 (2021), 46–55 <https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.10106>.
Sindi Nur Aini, Stefanus Budi Waluya, Ardhi Prabowo, Zaenuri, Walid, Mayasari Dian Pratiwi, ‘Analysis of Learning Obstacle in Mathematics Learning Class VIII SMP’, Jurnal Phenomenom, Phenomenon, 13.2 (2023), 283-295 https://doi.org/10.21580/phen.2023.13.2.20914
Warsono, Hardi, and Retno Sunu Astuti. Buku Metode Pengolahan Data Kualitatif Menggunakan Atlas.Ti. Semarang, 2022.
Zazkis, R., & Sirotic, N. (2010). Representing and defining irrational numbers: Exposing the missing link. Research in Collegiate Mathematics Education, 7, 1–27. http://dx.doi.org/10.1090/cbmath/016/01
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.