Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang Ditinjau dari Kecemasan Matematika (Math-Anxiety) dalam Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15270Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terutama pada soal materi peluang ditinjau dari tingkat kecemasan matematika (math-anxiety) dalam pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas X-TKJ SMK Darul Ma’wa Plandirejo yang dipilih dengan teknik purpose sampling berdasarkan hasil angket kecemasan matematika (math-anxiety). Data diperoleh melalui angket kecemasan matematika (math-anxiety), tes kemampuan pemahaman konsep matematis materi peluang, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode analisis Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan matematika (math-anxiety) tingkat tinggi memenuhi 3 dari 5 indikator pada pemahaman konsep matematis, siswa dengan kecemasan matematika (math-anxiety) tingkat sedang memenuhi 4 dari 5 indikator pada pemahaman konsep matematis, dan siswa dengan kecemasan matematika (math-anxiety) tingkat rendah mampu memenuhi seluruh dari 5 indikator pada pemahaman konsep matematis. Temuan ini menujukkan kecemasan matematika berpengaruh terhadap ketercapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga penting bagi guru untuk menggunakan pembelajaran menyenangkan tanpa mengurangi nilai keseriusan dalam pembelajaran.
Kata Kunci:
Kemampuan pemahaman konsep matematis, Peluang, Math-Anxiety, Missouri mathematics projectUnduhan
Referensi
Anggraini, R., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 65. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2065
Arifuddin, A. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis Ditinjau dari Learning Style Inventory. 08(July), 1532–1543. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3215
Asmana, A. T., & Nugroho, A. N. (2023). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Project Based Learning Berdasarkan Adversity Quotient. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.52166/wp.v5i1.4405
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Ervinasari, B., & Astuti, A. (2023). Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Research, 4(4), 1958–1967. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.634
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Haryono, H. E., & Aini, K. N. (2021). Diagnosis misconceptions of junior high school in Lamongan on the heat concept using the three-tier test. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012002
Ismail, H. S., & Zulkarnaen, R. (2023). Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kecemasan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1857–1862. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122
Jehadus, E., Sugiarti, L., & Jelimun, Ya. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1457–1468. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.1955
Latip, A., Turmudi, & Yulianti, K. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 59–68. http://dx.doi.org/10.17509/xxxx.xxx
Nailopo, E., Fitriani, F., & Simarmata, J. E. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Teori Apos Pada Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eduscience, 9(1), 168–181. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2587
Nurmala, E. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar (Vol. 9).
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). In Factsheets: Vol. I. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870
Yanti, A. W., Kusumawardani, A. D. P., Rohmah, F. M., & Kulsum, U. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kilpatrick. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(1), 30–49. https://doi.org/10.30651/must.v7i1.10938
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.