Desain Didaktis Materi Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Rizal Saefullah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Tio Heriyana Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15140

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahapan: analisis prospektif, metapedadidaktik, dan retrospektif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 5 Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang dikembangkan dan diimplementasikan dalam empat tahap pertemuan secara progresif berhasil meningkatkan pemahaman siswa, mulai dari penguasaan materi prasyarat, pemahaman konsep dasar, penerapan berbagai metode penyelesaian, hingga aplikasi dalam masalah kontekstual. Analisis retrospektif menunjukkan bahwa desain didaktis yang diterapkan efektif mengatasi learning obstacle yang telah diidentifikasi, dengan hanya memerlukan satu modifikasi minor untuk mengantisipasi respons tak terduga dari siswa. Desain didaktis empirik yang dihasilkan terbukti solid, adaptif, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa secara komprehensif.

Keywords:

Didactical Design Research, Learning Obstacle, Learning Trajectory, Persamaan Kuadrat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.

Burhan, Suherman, P. H. A. (2021). Media eksakta. Available, 17(1), 46–51.

Creswell, J. W., & Hirose, M. (2019). Mixed methods and survey research in family medicine and community health. Family Medicine and Community Health, 7(2), 1–6. https://doi.org/10.1136/fmch-2018-000086

Deshayati, I. (2018). Desain didaktis konsep pecahan SD Negeri 2 Banding Agung Tahun Ajaran 2016/2017. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008

Fauzia, T. A., Juandi, D., & Purniati, T. (2017). Desain didaktis konsep barisan dan deret aritmetika pada pembelajaran matematika sekolah menengah atas. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 49–59. http://repository.upi.edu/30747

Hajriyanto, M. H., Prabawati, M. N., & Ratnaningsih, N. (2024). Hypothetical learning trajectory (HLT) terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi lingkaran. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 461–474. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.400

Kesumayanti, N., & Putra, R. W. Y. (2017). Pengembangan bahan ajar materi persamaan kuadrat berbantuan rumus cepat. JES-MAT: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 3(2), 125–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.686

Lantakay, C. N., Senid, P. P., Blegur, I. K. S., & Samo, D. D. (2023). Hypothetical learning trajectory: Bagaimana perannya dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar? Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 384–393. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.329

Maharani, A. (2019). Desain bahan ajar materi persamaan kuadrat dengan problem based learning berbasis kemampuan penalaran matematis siswa. Euclid, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1851

Marlinda, S., Nia, K., Effendi, S., & Ronggowaluyo, J. H. S. (2024). Epistemological obstacle siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan persamaan kuadrat. RADIAN Journal: Research and Review, 2(4), 151–165.

Nurfadilah, S., Kusumah, S., & Umbara, U. (2023). Penerapan didactical design research (DDR) pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Kuningan. Jurnal Pendidikan Matematika, x(x), 1–13.

Plomp, T., Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational design research. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Ruli, R. M., Ronggowaluyo, J. H., & Karawang, S. (2021). Identifikasi hambatan belajar siswa pada konsep persamaan kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 941–948. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.941-948

Sakinah, E., Darwan, D., & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7421

Saputra, A. (2023). Analisis epistemological obstacles mahasiswa memahami. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(1), 13–22.

Sobari. (2021). Learning obstacle pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, x(x), 1–10.

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D. (2010). Penelitian pembelajaran matematika untuk pembentukan karakter bangsa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, 1(1), 1–14.

Suryadi, D. (2018). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, 27(3), 1–10.

Downloads

Abstract Views : 16
Downloads Count: 22

Published

2025-08-22

How to Cite

Saefullah, R., & Heriyana , T. (2025). Desain Didaktis Materi Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan. Didactical Mathematics, 7(2), 478–495. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15140

Issue

Section

Articles