Desain Didaktis Materi Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15140Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahapan: analisis prospektif, metapedadidaktik, dan retrospektif. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 5 Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang dikembangkan dan diimplementasikan dalam empat tahap pertemuan secara progresif berhasil meningkatkan pemahaman siswa, mulai dari penguasaan materi prasyarat, pemahaman konsep dasar, penerapan berbagai metode penyelesaian, hingga aplikasi dalam masalah kontekstual. Analisis retrospektif menunjukkan bahwa desain didaktis yang diterapkan efektif mengatasi learning obstacle yang telah diidentifikasi, dengan hanya memerlukan satu modifikasi minor untuk mengantisipasi respons tak terduga dari siswa. Desain didaktis empirik yang dihasilkan terbukti solid, adaptif, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa secara komprehensif.
Keywords:
Didactical Design Research, Learning Obstacle, Learning Trajectory, Persamaan KuadratDownloads
References
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2006 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Depdiknas.
Burhan, Suherman, P. H. A. (2021). Media eksakta. Available, 17(1), 46–51.
Creswell, J. W., & Hirose, M. (2019). Mixed methods and survey research in family medicine and community health. Family Medicine and Community Health, 7(2), 1–6. https://doi.org/10.1136/fmch-2018-000086
Deshayati, I. (2018). Desain didaktis konsep pecahan SD Negeri 2 Banding Agung Tahun Ajaran 2016/2017. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008
Fauzia, T. A., Juandi, D., & Purniati, T. (2017). Desain didaktis konsep barisan dan deret aritmetika pada pembelajaran matematika sekolah menengah atas. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 49–59. http://repository.upi.edu/30747
Hajriyanto, M. H., Prabawati, M. N., & Ratnaningsih, N. (2024). Hypothetical learning trajectory (HLT) terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi lingkaran. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 461–474. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.400
Kesumayanti, N., & Putra, R. W. Y. (2017). Pengembangan bahan ajar materi persamaan kuadrat berbantuan rumus cepat. JES-MAT: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 3(2), 125–132. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.686
Lantakay, C. N., Senid, P. P., Blegur, I. K. S., & Samo, D. D. (2023). Hypothetical learning trajectory: Bagaimana perannya dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar? Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 384–393. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.329
Maharani, A. (2019). Desain bahan ajar materi persamaan kuadrat dengan problem based learning berbasis kemampuan penalaran matematis siswa. Euclid, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1851
Marlinda, S., Nia, K., Effendi, S., & Ronggowaluyo, J. H. S. (2024). Epistemological obstacle siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan persamaan kuadrat. RADIAN Journal: Research and Review, 2(4), 151–165.
Nurfadilah, S., Kusumah, S., & Umbara, U. (2023). Penerapan didactical design research (DDR) pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Kuningan. Jurnal Pendidikan Matematika, x(x), 1–13.
Plomp, T., Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational design research. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO). http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Ruli, R. M., Ronggowaluyo, J. H., & Karawang, S. (2021). Identifikasi hambatan belajar siswa pada konsep persamaan kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 941–948. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.941-948
Sakinah, E., Darwan, D., & Haqq, A. A. (2019). Desain didaktis materi trigonometri dalam upaya meminimalisir hambatan belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7421
Saputra, A. (2023). Analisis epistemological obstacles mahasiswa memahami. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(1), 13–22.
Sobari. (2021). Learning obstacle pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, x(x), 1–10.
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, D. (2010). Penelitian pembelajaran matematika untuk pembentukan karakter bangsa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, 1(1), 1–14.
Suryadi, D. (2018). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Farmaka Tropis Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, 27(3), 1–10.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.