Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SMP dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.14657Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP melalui penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Model ini dipilih karena diyakini dapat membantu siswa mengeksplor kemampuannya, mengingat minat belajar merupakan unsur penting dalam kegiatan belajar dan menjadi pendorong kuat untuk mencapai prestasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) yang dilaksanakan secara offline di SMP Negeri 9 Kota Bogor pada 8–25 Februari 2024. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan sampel terpilih yaitu kelas VIII B yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket skala Likert yang diberikan langsung kepada siswa di ruang kelas. Data hasil angket dianalisis untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran AIR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR berada pada kategori Cukup dengan persentase 53%. Terdapat peningkatan minat belajar matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, meskipun peningkatannya tidak signifikan. Penggunaan model pembelajaran AIR dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang mampu mendorong siswa lebih aktif, kreatif, dan memiliki minat belajar yang lebih baik, meskipun perlu optimalisasi agar peningkatannya lebih signifikan.
Keywords:
Matematika, Minat Belajar, Auditory Intellectualy RepetitionDownloads
References
Aliyah Negeri, M., Jl Pemuda, K., & Tengah, J. (2021). Peningkatan minat belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem-based learning Agung Widayat Enhancement of learning mathematics with applying cooperative learning model type problem-based learning. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 1–7.
Fably Sucipto, M., Firmansyah, D., Universitas Singaperbangsa Karawang, M., Ronggo Waluyo Puserjaya Kec Telukjambe Timur Kab Karawang Jawa Barat, J. H., & Karawang, S. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika 1). Maju, 8(2), 376–380. https://www.neliti.com/id/publications/505300/analisis-minat-belajar-siswa-smp-pada-pembelajaran-matematika
Hasnah, R., & Ningrum. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Berbantu Question Card Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Peserta Didik Kelas Vii Smp Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9, 96–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v9i1.3844
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
Hidayati, I. S., Putri, P. O., & Sarumaha, Y. A. (2021). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Prembulan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 30-37.
Jihadah Gaffar, R., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL). Journal of Classroom Action Research, 5(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5528
Kurniadewi, A., & Imami, A. I. (2022). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 921–929.
Kusumaningrum, B., Singgih Kuncoro, K., Sulistyowati, F., & Arigiyati, T. A. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Daring Selama Masa Pandemi COVID-19.
Oktavia, A. D., Rohmanumerta, F. M., & Yanto, E. N. A. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Siswa SDN Kertosari 02. Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0, 566–570. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Pujiastutik, H., Biologi, P., Pgri, U., & Tuban, R. (2016). Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS 515 Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Application of Learning Model AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) to Improve Student Learning Outcomes Course Learning Learning (Vol. 13, Issue 1).
Ramadhan, A., & Aminatun, T. (n.d.). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dipadu Media Video terhadap Minat Belajar Siswa. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Risalah Achmad, F., & Pramudiani, P. (2022). Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Kelas Iv Selama Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 950–960. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2719
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sinaga, D. Y., Simangunsong, R. Y., Simajuntak, A., Sinaga, F., Sinaga, Y. P., Hutagalung, W., Simbolon, U. G., Sitindaon, L. M., & Maharani, N. (2025). Mengembangkan Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1550–1560. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5430
Widayat, A. (2021). Peningkatan minat belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem-based learning. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 1-7.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.