KEBUTUHAN DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3216Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan peneliti pada empat Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palangka Raya. Hasil wawancara menunjukkan adanya kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar elektronik berbasis kearifan lokal yang dapat digunakan dalam pembelajaran online maupun Hybrid Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kebutuhan dan persepsi siswa terhadap lembar kerja peserta didik elektronik pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Total sampel yang digunakan yaitu 94 orang peserta didik dari empat Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palangka Raya. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data akan dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan LKPD elektronik (E-LKPD) berbasis kearifan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Kota Palangka Raya. Sebanyak 72% peserta didik menyatakan kebutuhan mereka terhadap pengembangan LKPD elektronik. Adapun hasil analisis angket persepsi peserta didik menunjukkan respons yang positif terhadap hasil pengembangan E-LKPD yakni berada pada kategori “Sangat Baik”. Adapun perbandingan persepsi peserta didik terhadap E-LKPD di MI Swasta mendapatkan respons positif lebih tinggi dengan persentase 86,92% sedangkan MI Negeri memiliki persentase 83,15%.
Keywords:
Analisis Kebutuhan, Persepsi, E-LKPD, Kearifan Lokal, Madrasah IbtidaiyahDownloads
References
Anawati, S. (2015). Analisis Penyajian Konsep dan Soal pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMK Kelas X Terbitan Cahaya Mentari, Surakarta. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V1I2.68
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Daima Ulfa, Z., & Mikdar, Z. (2020). JOSSAE (Journal of Sport Science and Education) Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal of Sport Science and Education) |, 5(2), 124–138. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138
Darmayanti, N. W. S., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fadila, A., Dasari, R., Setiyaningsih, S., Septiana, R., Sari, R. M., & Rosyid, A. (2019). The Development of Electronic Flash Worksheet Based on Adobe Flash Cs6 on Fraction Numbers in the Seventh Grade of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012019
Faizal, A. L., & Febrianto, M. V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Di Sdn 5 Dawuhan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 4(2), 37–51. https://ojs.unars.ac.id/index.php/pgsdunars/article/view/299
Hidayat, P. (2015). Pengembangan Instrumen Baku Penilaian Kualitas Lembar Kerja Siswa Tematik Sub Sains Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2). https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V7I2.77
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. In SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied (Vol. 02, Issue 01). https://doi.org/10.36655/SEPREN.V2I1.364
Inayah Syar, N., Meriza, N., Artikel, R., kunci, K., & Teknologi Pendidikan, J. (2020). Pengembangan Buku Siswa Bertema Cuaca Menggunakan Metode Four Steps Teaching Material Development. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 190–212. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V8N2.P190--212
Kinanti, L., & Sudirman. (2017). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas xi sma negeri di kota bandung. Ejournal.Upi.Edu, 7(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/10347
Laksana, D. N. L., Lawe, Y. U., Ripo, F., Bolo, M. O., & Dua, T. D. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 227–241. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13903
Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46
Lestariningsih, N., Suardiman, S. P., & Ngablak, S. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V7I1.15503
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. In Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.30998/FJIK.V7I2.6411
Meilana, S. F., & Aslam. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.2815
Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. DIVA Press.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/MI.V27I1.44777
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Alfabeta.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Rostika, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.30653/003.201621.32
Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1714–1723. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2275
Sabiq, A. F. (2020). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V2I7.233
Syar, N. I., & Sulistyowati, S. (2021b). Analysis of Students’ Need and Perception on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 85–97. https://doi.org/10.32332/EJIPD.V7I1.3071
Sylviana, T., Karlimah, & Hamdu, G. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Materi Bilangan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 207–216. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/44322
Tanjung, A., & Fahmi, M. (2016). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. In Jurnal Pendidikan Geografi (Vol. 20, Issue 1). https://doi.org/10.17977/PG.V20I1.5006
Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I1.1927
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Atin Supriatin, Nur Inayah Syar, Sulistyowati, Indri Widia Ningsih, Mirda Maghfirotuna’imah, Fachrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).