KEBUTUHAN DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3216

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang dilakukan peneliti pada empat Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palangka Raya. Hasil wawancara menunjukkan adanya kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar elektronik berbasis kearifan lokal yang dapat digunakan dalam pembelajaran online maupun Hybrid Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran kebutuhan dan persepsi siswa terhadap lembar kerja peserta didik elektronik pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Total sampel yang digunakan yaitu 94 orang peserta didik dari empat Madrasah Ibtidaiyah di Kota Palangka Raya. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan data akan dianalisis secara  deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan LKPD elektronik (E-LKPD) berbasis kearifan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Kota Palangka Raya. Sebanyak 72% peserta didik menyatakan kebutuhan mereka terhadap pengembangan  LKPD elektronik. Adapun hasil analisis angket persepsi peserta didik menunjukkan respons yang positif terhadap hasil pengembangan E-LKPD yakni  berada pada kategori “Sangat Baik”. Adapun perbandingan persepsi peserta didik terhadap E-LKPD di MI Swasta mendapatkan respons positif lebih tinggi dengan persentase 86,92% sedangkan MI Negeri memiliki persentase 83,15%.

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Persepsi, E-LKPD, Kearifan Lokal, Madrasah Ibtidaiyah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Inayah Syar, IAIN Palangka Raya

Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Palangka Raya

References

Anawati, S. (2015). Analisis Penyajian Konsep dan Soal pada Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMK Kelas X Terbitan Cahaya Mentari, Surakarta. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(2). https://doi.org/10.30998/FORMATIF.V1I2.68

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Daima Ulfa, Z., & Mikdar, Z. (2020). JOSSAE (Journal of Sport Science and Education) Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Interaksi Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. Journal of Sport Science and Education) |, 5(2), 124–138. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138

Darmayanti, N. W. S., & Sueca, I. N. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fadila, A., Dasari, R., Setiyaningsih, S., Septiana, R., Sari, R. M., & Rosyid, A. (2019). The Development of Electronic Flash Worksheet Based on Adobe Flash Cs6 on Fraction Numbers in the Seventh Grade of Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012019

Faizal, A. L., & Febrianto, M. V. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Di Sdn 5 Dawuhan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 4(2), 37–51. https://ojs.unars.ac.id/index.php/pgsdunars/article/view/299

Hidayat, P. (2015). Pengembangan Instrumen Baku Penilaian Kualitas Lembar Kerja Siswa Tematik Sub Sains Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2). https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V7I2.77

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. In SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied (Vol. 02, Issue 01). https://doi.org/10.36655/SEPREN.V2I1.364

Inayah Syar, N., Meriza, N., Artikel, R., kunci, K., & Teknologi Pendidikan, J. (2020). Pengembangan Buku Siswa Bertema Cuaca Menggunakan Metode Four Steps Teaching Material Development. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 190–212. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V8N2.P190--212

Kinanti, L., & Sudirman. (2017). Analisis kelayakan isi materi dari komponen materi pendukung pembelajaran dalam buku teks mata pelajaran sosiologi kelas xi sma negeri di kota bandung. Ejournal.Upi.Edu, 7(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/10347

Laksana, D. N. L., Lawe, Y. U., Ripo, F., Bolo, M. O., & Dua, T. D. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 227–241. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13903

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Lestariningsih, N., Suardiman, S. P., & Ngablak, S. D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/JPK.V7I1.15503

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi Covid 19. In Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/10.30998/FJIK.V7I2.6411

Meilana, S. F., & Aslam. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.2815

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873

Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. DIVA Press.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/MI.V27I1.44777

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Alfabeta.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rostika, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Paket Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.30653/003.201621.32

Rusyada, H., & Nasir, M. (2022). Efektivitas Penerapan Hybrid Learning Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1714–1723. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2275

Sabiq, A. F. (2020). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 1–7.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V2I7.233

Syar, N. I., & Sulistyowati, S. (2021b). Analysis of Students’ Need and Perception on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 85–97. https://doi.org/10.32332/EJIPD.V7I1.3071

Sylviana, T., Karlimah, & Hamdu, G. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Materi Bilangan Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 207–216. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/44322

Tanjung, A., & Fahmi, M. (2016). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. In Jurnal Pendidikan Geografi (Vol. 20, Issue 1). https://doi.org/10.17977/PG.V20I1.5006

Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p039

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yonanda, D. A., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Sopandi, W. (2022). Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Indramayu untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 173–185. https://doi.org/10.31949/JCP.V8I1.1927

Downloads

Abstract Views : 863
Downloads Count: 566

Published

2022-10-27

How to Cite

Supriatin, A., Syar, N. I., Sulistyowati, Ningsih, I. W., Maghfirotuna’imah, M., & Fachrizal. (2022). KEBUTUHAN DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1371–1384. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3216

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.