KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENYIAPKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DITINJAU DARI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Farhanna Oka Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Aslam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2939

Abstract

Munculnya wabah pandemi Covid-19 menjadi sebuah rintangan dan tantangan baru bagi dunia pendidikan yang mengharuskan guru meningkatkan kompetensi kepribadiannya untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang tampaknya sangat sulit untuk memaksimalkan pembelajaran dalam usaha mewujudkan pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu sebagai seorang guru dapat memberikan pengaruh positif bagi siswanya, mengingat guru merupakan orang tua kedua bagi siswa saat berada disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian guru dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Kartika X-4 dengan mewawancarai seorang guru. Untuk memperoleh data peneliti membutuhkan beberapa proses yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan literature. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi kepribadian guru mempunyai peran yang penting dalam pembelajaran jarak jauh karena berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa di SDS Kartika X-4. Oleh sebab itu penting bagi seorang guru untuk menguasai kompetensi kepribadian guru dengan mengikuti pelatihan atau seminar secara online agar guru menjadi kreatif, bukan hanya kreatif dalam materi akademik saja namun kreatif dalam memberikan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.

Keywords:

karakter siswa, kompetensi kepribadian guru, pembelajaran jarak jauh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, I. T. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1122

Ansori, W. L., Pramesti, V. A., & Diantoro, F. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 40–46. https://bit.ly/3ng3K1d

Aslam, Wahab, A. A., Purrohman, P. S., Zulherman, & Ampry, E. S. (2021). Internet User Behavior and Social Media in Learning. Proceedings of the 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020), 526(Icream 2020), 50–55. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.010

Ermansyah, R. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1117

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290

Gunawan, I. G. D. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.

Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb

Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Nababan, A. Y. M. R. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap motivasi. Genta Mulia, XXXVII(1), 113–118. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/561

Nurul Yaqin, A. D. (2022). Role Model Guru Sebagai Asas Pendidikan Karakter. 9(1), 69–79.

Pasa, J., & Mahatma, M. (2021). Kepribadian Guru Dari Perspektif Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 288–294. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2272

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Riyadi, A. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52–67.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.

Wally, M. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 1(1), 75–86. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/259

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.29210/120202701

Zuhroh, F. (2022). Kompetensi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 39–53.

Downloads

Abstract Views : 472
Downloads Count: 494

Published

2022-10-27

How to Cite

Farhanna Oka Putri, & Aslam. (2022). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENYIAPKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DITINJAU DARI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1133–1140. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2939

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.