KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENYIAPKAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DITINJAU DARI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2939Abstract
Munculnya wabah pandemi Covid-19 menjadi sebuah rintangan dan tantangan baru bagi dunia pendidikan yang mengharuskan guru meningkatkan kompetensi kepribadiannya untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang tampaknya sangat sulit untuk memaksimalkan pembelajaran dalam usaha mewujudkan pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu sebagai seorang guru dapat memberikan pengaruh positif bagi siswanya, mengingat guru merupakan orang tua kedua bagi siswa saat berada disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian guru dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Kartika X-4 dengan mewawancarai seorang guru. Untuk memperoleh data peneliti membutuhkan beberapa proses yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan literature. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi kepribadian guru mempunyai peran yang penting dalam pembelajaran jarak jauh karena berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa di SDS Kartika X-4. Oleh sebab itu penting bagi seorang guru untuk menguasai kompetensi kepribadian guru dengan mengikuti pelatihan atau seminar secara online agar guru menjadi kreatif, bukan hanya kreatif dalam materi akademik saja namun kreatif dalam memberikan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.
Keywords:
karakter siswa, kompetensi kepribadian guru, pembelajaran jarak jauhDownloads
References
Agustin, I. T. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SD Negeri Margorejo VI/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 5(1), 21–31. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1122
Ansori, W. L., Pramesti, V. A., & Diantoro, F. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 40–46. https://bit.ly/3ng3K1d
Aslam, Wahab, A. A., Purrohman, P. S., Zulherman, & Ampry, E. S. (2021). Internet User Behavior and Social Media in Learning. Proceedings of the 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020), 526(Icream 2020), 50–55. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.010
Ermansyah, R. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Pengaruhnya Terhadap Karakter Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1–20. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i1.1117
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290
Gunawan, I. G. D. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 15–30.
Jajat Sudrajat. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb
Kaharuddin, K. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489
Nababan, A. Y. M. R. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap motivasi. Genta Mulia, XXXVII(1), 113–118. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/561
Nurul Yaqin, A. D. (2022). Role Model Guru Sebagai Asas Pendidikan Karakter. 9(1), 69–79.
Pasa, J., & Mahatma, M. (2021). Kepribadian Guru Dari Perspektif Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 288–294. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2272
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Riyadi, A. (2017). Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 52–67.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64.
Wally, M. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Studi Islam, 1(1), 75–86. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/259
Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.29210/120202701
Zuhroh, F. (2022). Kompetensi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 39–53.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Farhanna Oka Putri, Aslam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).