ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Shipa Faujiah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Nurafni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2588

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep perkalian pada dasarnya berasal dari konsep penjumlahan yang dilakukan secara berulang, namun pada prosesnya banyak ditemukan penerapan pembelajaran perkalian cenderung bersifat menghapal daripada memahami konsep perkalian itu sendiri. Hal tersebut banyak memunculkan stigma bahwa mengoperasikan operasi hitung perkalian lebih sulit daripada operasi hitung lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep perkalian peserta didik pada pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV-D SD Negeri Lenteng Agung 07. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 26 peserta didik kemudian 3 peserta didik terpilih akan dilakukan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar tes peserta didik yang berkaitan dengan pemahaman konsep perkalian dan materi bangun datar siswa sekolah dasar, kemudian wawancara dilakukan kepada 3 peserta didik dan guru kelas IV. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep perkalian pada pembelajaran matematika peserta didik masih tergolong rendah. Pada saat proses wawancara dilakukan peserta didik tidak mampu menjawab pertanyaan yang diajukan peneliti dengan tepat. Pertanyaan yang diajukan sesuai dengan indikator soal yang telah ditetapkan yaitu (1) kemampuan memanfaatkan dan memilih prosedur yang sesuai dengan kaidah operasi hitung perkalian (2) kemampuan konsep perkalian untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan kemampuan menggunakan syarat perlu atau syarat cukup pada permasalahan yang diberikan.

Keywords:

pemahaman konsep, pembelajaran matematika, perkalian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqsa, M. D., Nurhaswinda, N., & Hidayat, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika dalam Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SD Negeri 019 Tanjung Sawit. Journal On Teacher Education, 2(2), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1249

Arnidha, Y. (2017). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam penyelesaian bangun datar. Jpgmi, 3(1), 53–61. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&cluster=10027778606826906227

Asrori, M. (2018). PENGERTIAN, TUJUAN DAN RUANG LINGKUP STRATEGI PEMBELAJARAN. 50, 453–456. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Elsani, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Kelas 2 Sdn 2 Cibadak. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 38–49. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.77

Harries, T., & Barmby, P. (2006). REPRESENTING MULTIPLICATION. 26(November), 25–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/14794800008520169

Haryanto, P. C., & Arty, S. (2017). Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools Contextual Teaching and Learning Approach of Mathematics in Primary Schools. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012171

Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengambilan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 91–100. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(33), 145–151. https://doi.org/https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mukrimatin, N. A., Murtono, & Wanabuliandasari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Mulyana, V., Asrizal, & Festiyed. (2021). Studi deskriptif meta analisis pengaruh bahan ajar fisika dan ipa terhadap pemahaman konsep siswa. 9(1), 31–41.

Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–192. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp175-192

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Siagian, muhammad daud. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Dengan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Sujadi, A., & Kholidah, I. R. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 428–431.

Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78

Widiawati, Ni Putu Pudjawan, Ketut Margunayasa, I. G. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di gugus II kecamatan banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 12–14. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5847

Downloads

Abstract Views : 8798
Downloads Count: 4614

Published

2022-07-23

How to Cite

Shipa Faujiah, & Nurafni. (2022). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 829–840. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2588

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.