RELEVANSI VISI DAN MISI DALAM PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH

Authors

  • Kamaludin Kamaludin Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.15161

Abstract

Visi dan misi merupakan arah strategis yang harus dijadikan pijakan utama dalam perencanaan program sekolah. Namun, banyak satuan pendidikan menyusun program tanpa merujuk secara sistematis pada visi dan misi yang telah dirumuskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana relevansi visi dan misi dalam penyusunan program sekolah serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada tiga sekolah dasar negeri di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, analisis dokumen, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visi dan misi belum terintegrasi secara optimal dalam penyusunan program, disebabkan oleh rendahnya internalisasi visi, lemahnya kepemimpinan strategis, serta keterbatasan partisipasi pemangku kepentingan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi penguatan perencanaan strategis sekolah berbasis visi dan misi.

Keywords:

visi sekolah, misi sekolah, program kerja sekolah, perencanaan strategis, manajemen pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2022). LEMBAGA PENDIDIKAN SEBAGAI SUATU SISTEM SOSIAL (Studi Tentang Peran Lembaga Pendidikan di Indonesia Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). Mamba’ul ’Ulum, 38–48. https://doi.org/10.54090/mu.56

Bahar, T., Nasyifa, N., Fadhillah, A., & MUkhlasin, A. (2024). Peran Manajemen Organisasi Dalam Kemajuan Pendidikan. Dinamika Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 284–300.

Dewi, L. R., & Ustazia, P. A. (2025). Impementasi Budaya Organisasi Islami Dalam Meningkatkan Kinerja Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Dan Teknologi Pendidikan, 6(2), 241–258.

Feyza Yudhistira, Aditiya Dwi Pangestu, Alif Akbar, Miftahul Hayatunnisa, Lusi Utari, Yoga Pratama, & Indah Noviyanti. (2023). Fungsi Dan Pengaruh Visi Misi Pada Sebuah Organisasi SD Negeri 02 Pulau Besar. OPTIMAL Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 178–189. https://doi.org/10.55606/optimal.v3i3.1816

Irsalulloh, B. D., & Maunah, B. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Pendidikan Sekolah Dasar, 4(12), 17–26. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri Di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.50

Kamaludin, K. (2023). IDENTIFIKASI MANAJEMEN STRATEGIS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI ERA DISRUPTIF. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 278–289. https://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kamaludin, K., Taulany, H., & Slamet, S. (2024). Enhancing Competitive Advantage in the Disruptive Era: Strategy Formulation Framework in Model Public Junior High Schools in Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.6861

Laksono, H., Sukaesih, R., Majeri, H., Hermawan, B., & Taufiq. (2022). Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Melalui Pembangunan Budaya Organisasi. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 5(3), 173–186. https://al-afkar.com

Marthunis, M. (2020). Learning Organization Membangun Komunitas Pembelajar Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(2), 135–160. https://doi.org/10.32533/04203.2020

Miles, M. ., Huberman, A. ., & dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Nofi Lalomo, Syahril Muhammad, & Abdullah W. Jabid. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i1.387

Nurzaima, N. (2024). Pentingnya Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Teknologi, Kearifan Lokal Dan Pendidikan Transformatif (SNTEKAD), 2(1), 79–88. https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19026

Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 12–34. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/984

Rubi Babullah, Istikhori Istikhori, Neneng Neneng, Ujang Natadireja, & Siti Nurafifah. (2024). Urgensi Kepemimpinan Yang Unggul Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(3), 60–78. https://doi.org/10.62383/aksinyata.v1i3.286

Sukoco, H., Hidayat, R., & Muharam, H. (2024). Peningkatan Komitmen Profesi Guru Melalui Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v12i2.10677

Suryadi, I., Pamungkas, R. W. P., Wahyudi, F. S., & Wibowo, T. S. (2025). Peran Kepemimpinan Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan. BANJARESE PACIFIC INDONESIA Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 129–145.

Downloads

Abstract Views : 10
Downloads Count: 7

Published

2025-07-19