PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI MENGHARGAI KEBERAGAMAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V D DI SDN 016 SUNGAI KUNJANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.15157Abstract
Pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih cenderung menggunakan metode tradisional seperti ceramah dan tugas, siswa menjadi pasif dan kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa, terutama dalam materi yang berhubungan dengan keberagaman agama, suku, ras, dan budaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil dari penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini difokuskan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghargai keberagaman dengan pendekatan PBL yang melibatkan siswa secara aktif dalam memecahkan masalah yang relevan dengan kehidupan mereka. Penggunaan metode ini diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, bekerja sama dalam kelompok, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam hasil belajar siswa. Pada kondisi awal (prasiklus) hanya 10,3% siswa yang tuntas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah penerapan PBL pada Siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 44,8%. Pada Siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 93,1%, dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83,4. Selain itu, aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan yang seiring dengan hasil belajar yang lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila mengenai keberagaman pada siswa kelas V D SDN 016 Sungai Kunjang
Keywords:
Pendidikan Pancasila, Menghargai keberagaman, Problem Based Learning, PTKDownloads
References
Abdullah, S. R. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303.
Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Dimyati & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
Eni, F. (2016). Istikomah, Psikologi Belajar & Mengajar. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Hafidz Faridzki, F. (2020). peran guru PPKn dalam pengaturan pendidikan moral siswa pada aspek kedisiplinan di SMP negeri 16 samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 7(2), 809–820. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/article/view/37
Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Nilai Karakter Gotong Royong dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar. AlMadrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 539.
Kamaludin, K. (2023). How to Improve the Performance of Public Elementary Schools? an Empirical Evidence from Indonesia. Jurnal Prima Edukasia, 11(2). https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60290
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena.
Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.
Putri, M. N. H., & Rachmad, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas X SMA Budi Luhur Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 242–250. https://journal.pipuswina.com/index.php/jippsi/about
Setiawan, M. Andi. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Palangka Raya: Uwais Inspirasi Indonesia.
Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yuniarsih, R., & Kamaludin, K. (2021). Pengaruh Gaya Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 311–317. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2814
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azzahra Nabilla Putri, Iksam Iksam, Yudo Dwiyono, Sukriadi Sukriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.