PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI PANCASILA DALAM DIRIKU DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 010 SAMARINDA SEBERANG

Penulis

  • Yovita Pakidi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Iksam Iksam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Rosita Putri Rahmi H Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Mustamiroh Mustamiroh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15898

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam diriku dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Samarinda Seberang tahun pembelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Samarinda Seberang yang berjumlah 36 peserta didik dan objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar Pendidikan Pancasila dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, presentase, dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai pra siklus siswa data awal sebesar 66,66 dengan persentase ketuntasan 30,5% yaitu 11 siswa tuntas. Hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 12,81 dari nilai dasar pra siklus, dengan nilai rata rata kelas 75,20 dengan persentase ketuntasan 50% yaitu 18 siswa tuntas. Hasil belajar siklus II mengalami peningkatan 15,79 dari nilai dasar siklus I, dengan nilai rata-rata 87,08 dengan persentase ketuntasan 88% predikat baik dengan 32 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas, serta mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi Pancasila dalam diriku dengan model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV SD Negeri 010 Samarinda Seberang tahun pembelajaran 2024/2025.

Kata Kunci:

Pancasila, Cooperative Learning, Model Think Pair Share

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Armisa, I., & Madiun, U. P. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengolahan Data Berbantuan Media Dabar Kelas IV SDN. 5.

Dania, R., & Sukma, E. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi Active Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3132–3144.

Desi pristiwanti, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Djabba, R., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Publikasi Pendidikan, 12(3), 264. https://doi.org/10.26858/publikan.v12i3.35491

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236 Iii, B. A. B. (2002). Temmy Ahmad Wildansyah, 2012 Pemanfaatan Media Tiga...

JASMINE, K. (2022). Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 5(3), 716–732.

Kurniawan, D., Priharto, D. N., & Lubis, Y. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila Kelas IV SD/MI. https://buku.kemdikbud.go.id

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9. https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/259

Motoh, T. C., Hamna, & Kristina. (2022). Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Teknologi Pendidikan Madako, 01(01), 1–17. https://ojs.fkip.umada.ac.id/index.php/jtpm/article/view/14

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri 018 Ukui 1 Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 591. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i3.3944

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parni. (2017). Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran. Tarbiya Islamica, 5(1), 17–30.

Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 2176–2181. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Sanjani, M. A. (2021). Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemtika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X MMI SMK Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020, 7(1), 26212676. https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955

Sumarsya, C. V., & Ahmad, S. (2020). Think Pair Share sebagai Model untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1374–1387.

Ulfah, & Opan Arifudin. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April). http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf

Unduhan

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Diterbitkan

2025-09-19